Pastikan Pilgub Berjalan Lancar, KPUD OKU Timur Gelar Apel Akbar

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur kembali menggelar Apel akbar bersama Petugas Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018. Apel akbar juga dalam rangka Rapat koordinasi dan apel siaga penyelenggara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018. Kegiatan apel ini dilaksanakan di Lapangan Taman Tani Martapura, Minggu (4/3/2018).

Dengan jumlah peserta apel 964 peserta yang terdiri dari PPK, PPS, PPDP dari 7 kecamatan, yakni dari Kecamatan BP Bangsa Raja, BP Peliung, Madang Suku 3, Martapura, Bunga Mayang dan Jaya Pura. Kegiatan apel dihadiri juga oleh Kodim 0403, Polres OKUT, Ketua Panwaslu OKU Timur, dan sejumlah Panwascam, PPL.

Menurut H. Leo Budi Rachmadi, SE selaku Ketua KPUD OKU Timur, dalam arahanya mengatakan, apel ini tentu dapat kita jadikan juga sebagai ajang silaturahim, dan juga sebagai bentuk pendeklarasian untuk siap menjadi petugas penyelenggara Pilgub pada 27 juni 2018 mendatang.

“Apel ini merupakan tindak lanjut perintah dari KPU RI, bahwa sebagai penyelenggara harus dapat memastikan kesiapan sebagai penyelenggara. Apel seperti ini akan terus dilakukan setiap Minggu di setiap Kantor PPK. KPU OKU Timur akan ikut menjadi pembina apel di kantor-kantor PPK,” katanya.

Selain itu lanjut Leo, meski honor penyelenggaraan saat ini masih di bawah UMR, dan pekerjaan cukup padat. Kita harus siap menjadi penyelenggara dan dapat ikut mensukseskan Pilgub damai aman dan sukses tanpa residu. Leo juga sempat menyinggung tentang adanya beredar isu-isu yang ada di media sosial mulai dari facebook dan sebagainya tentang adanya pemotongan pemotongan honor petugas penyelenggara, dengan tegas mengatakan kabar tersebut tidak benar, sebagai ketua KPU dirinya bertanggungjawab dan memastikan bahwa isu itu tidak benar.

“Jika isu-isu yang beredar ada pemotongan untuk segera di laporkan dan akan kita tindak lanjut, jangan menyebarkan fitnah dengan akun akun yang tidak bertanggung jawab, namun jika itu tidak terbukti maka akan kita laporkan balik, sebab itu pemitnahan lembaga. Dan untuk PPK maupun PPS jangan pernah memotong honor PPDP maupun KPPS. Bahkan KPU OKU Timur dalam memberikan honor petugas di lakukan secara transparansi dengan mentransferkan honor petugas ke setiap rekening PPK dan PPS,” ujarnya.

Kemudian Leo juga menambahkan, kita semua tentu sudah mengetahui Paslon Cagub dan Wagub yang mengikuti kontestan Pilgub mendatang, dengan demikian dirinya menghimbau agar setiap penyelenggara untuk mengindahkan himbauan-himbauan dari Paswaslu. Selain itu KPU OKU Timur dalam waktu dekat akan melakukan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Saya  minta ke PPK dan jajarannya pada saat pemasangan APK untuk mematuhi peraturan, seperti  untuk tidak di pasang di tempat yang dilarang, contohnya tempat peribadahan, dan jangan di pasang di tempat tidak semestinya, sebab APK merupakan alat sosialisasi Paslon,” tambahnya.