Terkikis Air Sungai, Jembatan Penghubung Desa Terancam Roboh

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Jembatan penghubung Desa Nusa Bali dan Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur yang sudah terancam ambrol. Jembatan itu merupakan satu-satunya akses lalu lintas di antara dua desa tersebut. Jika jembatan ini roboh tentu akan menghambat aktivitas masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Kadin PU TR) OKU Timur Ir Ridwan Abubakar melalui Kabid Bina Marga Melwi ST, saat dikonfirmasi pada Senin (5/3/2018) mengatakan, untuk mengetahui kondisi jembatan yang ada di wilayah OKU Timur ini sudah ada tim survey jembatan. Lanjutnya, untuk jembatan  penghubung Desa Nusa Bali dan Desa Nusa Tunggal sudah ada laporan dari  warga, serta sudah dilakukan disurvey. Kerusakan jembatan penghubung desa itu diindikasikan karena tergerus air anak sungai Belitang.

“Hingga kini saya tidak tahu bagaimana kondisi di lapangan dan sudah dilakukan disurvey. Untuk perbaikannya akan diusahakan tahun ini dengan melihat kondisi anggaran yang ada,” katanya.

Selain itu sama halnya dengan jembatan penghubung Desa Trimoharjo dan Taman Harjo Kecamatan Semendawai Suku III yang rusak tahun ini akan diperbaiki karena sudah sangat medesak. “Tentu akan ada skala prioritas mana yang akan kita dahulukan,” ujarnya.

Kemudian dirinya juga menambahkan, bahwa dari hasil survey akan diketahui bagaimana keadaannya apakah sudah mendesak atau belum untuk segera diperbaiki. Karena usia jembatan ada sebagian besar sudah mencapai puluhan tahun.

“Jembatan yang ada di tempat kita ini sebagian besar jembatan lama yang usianya sudah tua,” tambahnya.