Perbaikan Jembatan Sungai Karetan Telah Memasuki Tahap Penentuan Titik Nol

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Jembatan Sungai Karetan yang menghubungkan Desa Nusa Bali dan Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur akan segera diperbaiki. Jembatan yang hampir rubuh akibat terkikis air sungai tersebut telah selesai proses lelang dan sudah memasuki tahapan penentuan titik nol.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) OKU Timur, Ir Ridwan Abubakar ketika dikonfirmasi pada Selasa (6/3/2018) mengatakan, mengenai jembatan sungai karetan pihaknya telah selesai melakukan proses lelang dan sudah memasuki tahapan penentuan titik nol.

“Saat pengerjaan pembangunan ataupun rehab berlangsung, maka akan dibangun jembatan darurat. Tujuannya, agar dalam proses pembangunan maupun perbaikan jembatan tidak menghambat aktivitas masyarakat,” katanya kepada wartawan.

Kemudian, Ridwan juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), pada tahun 2018 ini telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk membangun tiga jembatan baru dan merehab empat jembatan yang dalam kondisi rusak. Lanjutnya, ketiga jembatan yang akan dibangun tersebut, yakni jembatan Sungai Karetan di Desa Nusa Bali, Kecamatan Belitang III, jembatan Sungai Burnai Desa Mulya Jaya, Kecamatan Semendawai Timur, dan jembatan Sungai Hijau Desa Trikarya, Kecamatan Belitang III.

“Untuk empat jembatan yang direhab, yakni jembatan Desa Tanjung Mas, Kecamatan Semendawai Barat, jembatan Sungai Belitang Desa Batu Mas, Kecamatan Belitang II, jembatan Sungai Macak Desa Karang Marga, Kecamatan Semendawai Suku III, dan jembatan Sungai Arwan Desa Ganjar Agung, Kecamatan Buay Madang,” tambahnya.

Selain itu dirinya juga berharap, agar masyarakat bersabar serta menunggu realisasi perbaikan dan pembangunan jembatan-jembatan tersebut.

“Yang jelas kita akan melakukan perbaikan secepatnya, terutama bagi jembatan penghubung yang benar-benar sudah rusak, seperti jembatan penghubung antar Desa Nusa Tunggal dengan Nusa Bali,” terangnya.