Danyon Armed 15/105 Tarik Martapura Panen Raya Bersama Masyarakat

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Batalyon Armed 15/105 Tarik Martapura bersama masyarakat melakukan panen raya. Masyarakat tersebut tergabung dalam Kelompok Tani (Koptan) Cailendra yang anggotanya masyarakat sekitar dilingkungan Armed. Kegiatan yang bertema “Bersama Rakyat TNI Kuat” ini dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) Armed Mayor Arm  Muh. Saifudin Khoiruzzamani pada Rabu (7/3/2018).

Menurut Danyon Armed Mayor Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, seusai panen mengatakan bahwa anggota Koptan mengolah lahan yang ada di lingkungan Batalyon Armed ini untuk persawahan dan perkebunan. Untuk luas lahan sawah sekitar 21, 5 hektar dan tujuh hektar untuk perkebunan, baik kebun ubi maupun jagung. Dirinya juga berharap dengan adanya kegiatan ini maka akan menjadi penyemangat bagi masyarakat supaya terus bergiat dalam berusaha terutama dalam bidang pertanian dan perkebunan.

“Anggota Koptan Cailendra ada sebanyak 45 orang. Anggota Koptan berasal dari masyarakat sekitar. Lahan ini merupakan sawah tadah hujan bisa panen dua kali setahun. Hasil panen sekitar satu ton, per hektar. Kedepan kita akan kerjasama dengan Dinas Pertanian agar lebih berkembang,” katanya.

Selain itu Danyon juga menambahkan, pengelolaan lahan dilakukan oleh Koptan sejak tahun 2008. Pihaknya dengan masyarakat tidak ada sewa khusus namun ada kontribusi untuk kesatuan. Tujuannnya untuk mensejahterakan masyarakat dan lahan tetap terawat.

“Untuk bibitnya petani menggunakan bibit jenis Ciehrang dan Ciliwung. Kita ingin apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat, dan berharap ini bisa membantu maayarakat,” tambahnya.