Pastikan e-Voting Yang Berkualitas, Pemkab OKU Timur Laksanakan Rapat Pemutakhiran Dokumen Kependudukan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU Timur melakukan Rapat Pemutakhiran Dokumen Kependudukan. Rapat pemutakhiran ini guna penyempurnaan dalam rangka menghasilkan data penduduk yang akurat dan valid agar tercapai tujuan e-voting Pilkades tahun 2018 di Kabupaten Oku Timur yang berkualitas.

Rapat yang dihadiri oleh Sekda Kabupaten OKU Timur, Asisten, Kabag dilingkungan Setda Kabupaten OKU Timur serta Camat se-Kabupaten OKU Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Bina Praja II Setda Kabupaten OKU Timur pada hari Selasa (13/3/2018).

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat membuka acara menyampaikan, bahwa database kependudukan digunakan untuk kepentingan perumusan kebijakan pemerintah dan pembangunan.

“Data penduduk dapat digunakan untuk semua keperluan pelayanan publik, perencanaan pembangunan serta dapat juga untuk pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal, ” katanya ketika membuka acara rapat pemutakhiran data kependudukan.

Selain itu lanjut Kholid, kegiatan pengumpulan, pengelolaan, dan pemutakhiran data kependudukan mengacu pada undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan. Dan juga Menteri Dalam Negeri juga telah mengintruksikan tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

“GISA yang diinstruksikan oleh Mendagri ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju pada masyarakat yang tertib, pemerintah yang efektif dan efisien yang memiliki daya saing,” lanjut Bupati.