Menjelang Musim Kemarau MHP Gelar Pelatihan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk melakukan pengendalian bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) PT Musi Hutan Persada (MHP) Martapura Kabupaten OKU Timur melaksanakan pelatihan Masyarakat Peduli Api (MPA). Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah sejumlah anggota masyarakat yang peduli terhadap lingkungan untuk mengantisipasi Karhutla. Pelatihan ini dilaksanakan di Desa Banumas Kecamatan BP Peliung, Selasa (19/3/2018).

“Pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta dengan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari hari Senin dan Selasa 19-20 Maret 2018. Adapun materi yang disampaikan pada hari pertama adalah bagaimana cara mengendalikan bahaya Karhutla,” kata GM Fire Protection PT. MHP Ir. Agung Setyabudi didampingi Fire External & Communication Head Alioeng Bararata Sakti SH kepada awak media disela-sela acara.

Selain itu lanjut kata dia, latihan tersebut merupakan agenda divisi Fire protection yang dilaksanakan menjelang musim kemarau tahun 2018. Kemudian pada hari kedua akan diisi dengan praktek Bagaimana cara menggunakan peralatan dan teknik pemadaman api saat terjadi karhutla.

“Saat ini cuaca masih relatif aman karena masih banyak turun hujan sehingga bisa kita manfaatkan untuk melakukan pelatihan guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok Masyarakat Peduli Api yang diperlukan saat musim kemarau nanti,” katanya.

Kemudian Alioeng menyampaikan pihaknya mendukung penuh kebijakan pemerintah tentang larangan membuka kebun dengan cara membakar seperti yang tercantum dalam Maklumat Bersama Gubernur, Kapolda dan Pangdam tentang Larangan Pembakaran Hutan, Lahan atau Ilalang atau Semak Belukar. Dirinya juga menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama antara PT. MHP dengan Desa Banumas dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Kelompok ini sudah berdiri sejak tahun 2017 lalu yang sudah memiliki peran aktif dalam penanggulangan bahaya karhutla,” tambahnya.