Gandeng UGM, Pemkab OKU Timur Rancang Pembangunan yang Tersistematis

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam rangka tindak lanjut MoU antara Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur dan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tentang kerjasama Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perikanan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Sumber Daya. Pemkab OKU Timur melalui Bappeda dan Litbang OKU Timur mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Litbang Tahun 2018 sekaligus menyambut Kunjungan Kerja UGM di Aula Bina Praja I, Kamis, (22/3/2018).

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat membuka Rakor mengatakan, kerjasama antara Pemkab OKU Timur dan UGM Yogyakarta dilatar belakangi oleh keinginan untuk dapat melakukan terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi sehingga pembangunan di Kabupaten OKU Timur dapat mengalami percepatan dalam proses pembangunannya.

“Kita berharap UGM dengan seluruh sumberdaya yang dimilkinya saat ini dapat menjadi mitra yang baik dan mampu membawa OKU Timur menjadi lebih maju dan makmur,” kata Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat membuka Rakor.

Selain itu kata Kholid, tujuan nota kesepahaman yang telah ditandatangani pada 8 Januari 2018 yang lalu. Kemudian lanjutnya, Pemkab OKU Timur akan merancang pembangunan kedepan secara terstruktur dan tersistematis dengan menggandeng UGM sebagai salah satu mitra.

“Untuk itu, melalui Bappeda kita telah menindaklanjuti MoU dengan UGM itu dengan mengadakan perjanjian kerjasama dengan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK). Fisipol UGM akan menyusun suatu kajian yang konfrehensif yang akan menetapkan simpul-simpul tersebut memuat langkah-langkah strategis sebagai upaya percepatan pembangunan dengan mempertimbangkan potensi-potensi dan peluang daerah saat ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Ir H Tubagus Sunarseno mengatakan, tujuan dari kegiatan Rakor ini untuk memperoleh dan memberikan informasi kepada tim PPKK UGM tentang potensi daerah yang ada di OKU Timur sehingga nanti dapat dirumuskan bagaimana pengembangannya.

“Tujuan pokoknya untuk memperoleh masukan dan saran tentang data atau informasi maupun potensi yang akan dikembangkan ada di OKU Timur sehingga potensi dan persoalan pembangunan di OKU Timur bisa dipetakan. Kita harapkan apa yang kita lakukan ini akan menambah wawasan dalam pengembangan pembangunan di Kabupaten OKU Timur,” pungkasnya.