Ratusan Massa Geruduk Pemkab, Tuntut Kembalikan Aset Desa

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Ratusan warga desa Margo Tani Kecamatan Madang Suku II OKU Timur, ramai-ramai mendatangi Pemkab OKU Timur. Kedatangan ratusan warga ini adalah untuk mengadukan oknum mantan kepala desa berinisial MD yang diduga telah menyalahgunakan jabatan dengan memiliki tanpa hak atas tanah milik desa yang diduga sudah dimiliki secara pribadi.

“Kami warga desa Margo Tani datang kesini mengadu ke pak bupati dan menuntut tanah milik desa kami yang sudah disertifikatkan atas nama pribadi oleh Kades lama berinisial MD,” ucap Usrin (35), salah satu perwakilan warga disela-sela aksi demo, Senin (26/3/2018).

Selain itu ia juga menjelaskan, lahan dengan luas 6 hektar yang merupakan tanah desa dari Tahun 1974 ini, sekitar satu hektar lebih diduga sudah berganti kepemilikan yang di ambil alih pada Tahun 2010 lalu.

“Jabatan Kades tersebut dari Tahun 2007-2013. Diambil alih dengan surat pada Tahun 2010 mas, saat ini ditanami karet oleh yang bersangkutan. Rencana kita mau buat lapangan grasstrack dan voli,” tambahnya.

Dirinya dan masyarakat pun berharap hal ini menjadi perhatian Pemkab OKU Timur agar segera dituntaskan. “Masyarakat Meminta tanah tersebut dikembalikan ke desa, bahkan kita ada surat keterangan dari dinas tenaga kerja dan Transmigrasi Palembang dengan nomor 595/982/nakertrans/2018 yang menegaskan tanah tersebut untuk fasilitas umum dan kepentingan bersama bukan untuk dimiliki secara pribadi,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi mengatakan, kasus tanah di Desa Margo Tani itu tanah desa yang dibuat surat hak milik pribadi oleh mantan Kades.

“Harus ada dasar yang jelas, dilihat dulu. Penyelesaiannya oleh pemerintah desa kami akan membantu dan memfasilitasi,” ungkap Kholid.