Lomba Mipa Mania Tingkat SD Berlangsung Secara Kompetitif

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Lomba cepat tepat Mipa mania tingkat Sekolah Dasar 2018 yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung secara kompetitif. Kegiatan yang mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2018 hingga 4 April 2018, di lingkungan SDN 19 Martapura ini bertujuan sebagai wahana bagi peserta didik SD/MI untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang Matematika dan IPA. Sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, termotivasi, dan berprestasi.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur Drs. M. Ali mengatakan, kegiatan cepat tepat ini dapat memacu adernalin anak anak peserta. Karena cepat tepat ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan proses belajar mengajar yang selama ini dilakukan di sekolah masing-masing.

“Dengan adanya lomba cepat tepat ini diharapkan peserta didik dapat lebih menggemari pelajaran Matematika dan IPA dengan lomba yang sportif dan menyenangkan,” katanya.

Selain itu lanjut Ali, Kegiatan cepat tepat ini adalah suatu proses tingkat belajar, baik belajar tentang ilmu pengetahuan maupun keterampilan serta kemampuan tampil juga termasuk dalam cara bersosialisasi.

“Banyak dari anak kita ini pada umumnya b tidak mau tampil bahkan tidak mau tampil. Mudah-mudahan dengan adanya acara cepat tepat ini tentunya anak anak akan terbiasa tampil,” pungkasnya.

Sementara itu ketua pelaksana Elizar Sasi Amd Pd menyampaikan, lomba cepat tepat ini berlangsung dengan beberapa tahap mulai dari tahap penyisihan Matematika dan IPA yang dilaksanakan selama tiga hari. Kemudian dilanjutkan dengan semifinal Matematika dan IPA yang masing-masing di laksanakan satu hari.

“Dalam satu hari pelaksanaan ada tiga sesi lomba yang diikuti oleh sembilan regu, perwakilan dari Kecamatan yang telah ditetapkan dengan skema diawal lomba. Pada babak penyisihan diikuti sebanyak 54 Sekolah, dari beberapa babak yang telah dilewati menyisakan enam regu yang mengikuti babak final ini,” ujarnya.

Pemenang dalam final lomba cepat tepat dibagi menjadi dua, lomba cepat tepat Matematika juara pertama SDN 20 Martapura Kecamatan Martapura, juara dua SDN 1 Peracak Kecamatan Bunga Mayang, juara Ketiga SDN 3 Gumawang Kecamatan Belitang. Sedangkan untuk lomba cepat tepat IPA juara pertama diraih oleh SDN 1 Campur Asri Kecamatan Buay Madang Timur, juara dua SDN 8 Martapura Kecamatan Martapura dan juara ketiga SDN 4 Jatimulyo Kecamatan Madang Suku II.