KPUD OKU Timur Lakukan Validasi Sebelum Melakukan Penetapan DPT

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur menggelar Rapat koordinasi dan Validasi lanjutan Pra Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bersama PPK se Kabupaten OKU Timur. Hadir dalam Rakor ini, ketua Panwaslu OKU Timur Ahmad Ghufron di dampingi Pimpinan Panwaslu OKU Timur Benny Tenagus, Kepala Disdukcapil OKU Timur yang di wakili staf serta Komisioner KPUD lainnya.

Dalam sambutannya Ketua KPUD OKU Timur H Leo Budi Rachmadi SE, Rabu (18/4/2018) mengatakan, dalam Rakor ini pihaknya sengaja mengumpulkan PPK dan Operator untuk melakukan validasi terhadap DPSHP. Dimana DPSHP ini merupakan hasil perekapan dari setiap PPS yang di kerjakan beberapa waktu lalu. Leo juga menuturkan apa yang sudah dikerjakan selama ini tentu kita berikan apresiasi setinggi tingginya.

“Kita tahu pekerjaan ini cukup banyak, meski keterbatasan dana namun tetap berlangsung sukses hingga ke Pra DPT ini, dan hari ini akan kita lakukan Validasi sebelum melakukan Penetapan DPT,” ucap Leo.

Di tambahkannya, pasca di tetapkan DPSHP beberapa waktu lalu, maka pihaknya akan mengecek dan memastikan kerja PPK untuk menyamakan hasil jumlah pemilih yang di hitung dengan cara manual maupun di sistem aplikasi Sidalih Harus sinkron dan balance. Dikatakannya pula, dalam agenda Rakor ini juga membahas terhadap Pemilih Ganda yang ada di OKU Timur, dengan jumlah 14.000. Serta berkaitan terhadap Pemilih yang masih belum melakukan perekaman E-KTP.

“Dalam Rakor ini, Kita akan menyisir setiap permasalahan yang ada di Daftar Pemilih ini, seperti permasalahan Ganda, dari hasil data di Sidalih, ada pemilih ganda dari desa satu ke desa lain, dan ini sedang kita lakukan validasi. Sedangkan untuk permasalahan pemilih Non E-KTP ini, kita juga minta kejelasan ke Pihak Disdukcapil, karna ini masalah yang serius. Bisa menyebabkan warga tidak memilih jika belum memiliki E-KTP,” tambah Leo.

Sementara itu, Ketua Panwaslu OKU Timur Ahmad Ghufron menegaskan, pihaknya saat ini akan terus ikut memantau terkait proses Pemutakhiran data pilih ini, demi menuju Pemilukada yang sukses. Selain itu, terkait masih tingginya jumlah warga yang belum melakukan perekaman E-KTP ini, Ahmad Ghufron berharap agar Disdukcapil dapat menjadwalkan perekaman hingga ke desa, jangan hanya di kantor camat, karena ada laporan di beberapa Desa ada mengalami kendala dalam perekaman ini.

“Suksesnya Pemilu kada ini sangat bergantung pada tinggi nya jumlah pemilih, namun kita tahu di OKU Timur masih cukup tinggi jumlah yang belum merekam. Maka demikian kita berharap ke Disdukcapil dapat memberikan Solusi terhadap permasalahan Non E-KTP ini,” ucapnya.