Jumlah DPT di OKU Timur Mengalami Penurunan

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah OKU Timur sebanyak 455.402 DPT dari 20 Kecamatan yang tersebar di 1.528 TPS. Hal ini disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur saat menggelar Rapat Pleno terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Sumsel 2018, yang dilaksanaka pada Kamis, (19/4/2018) bertempat di Aula Graha Tani Martapura.

Sebelum Pleno DPT ini, KPU juga telah melakukan beberapa kali tahapan tahapan validasi Data pemilih yang sebelumnya di sebut Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPSHP), tercatat sebelum DPT ini jumlah DPSHP 475, 189. Artinya ada penurunan dari DPSHP ke DPT.

Menurut Ketua KPUD OKU Timur H, Leo Budi Rachmadi, SE ditemui usai menggelar  Pleno DPT ini mengatakan, adanya penurunan jumlah DPSHP ke DPT ini disebabkan penghitungan sebelumnya di lakukan dengan cara manual. Namun untuk DPT ini penghitungan Data Pilih menggunakan Sistem aplikasi sehingga ditemukan permasalahan di antaranya pemilih ganda dan Pemilihan non e-KTP. Untuk permasalahan Ganda ini Leo menyebutkan pihaknya telah melakukan perbaikan data, sehingga muncullah jumlah DPT ini, sedangkan untuk Pemilihan Non E-KTP pihaknya telah menyampaikan ke Disdukcapil.

“Untuk jumlah DPT Pilgub Sumsel tahun 2018 ini berjumlah 455.402. Setelah sebelumnya kita telah melaksanakan tahapan-tahapan validasi data mulai di tingkat PPS, PPK hingga di tingkat KPU ini,” papar Leo.

Kemudian lanjut Leo, data yang dihimpunan dari KPU OKU Timur, jumlah DPT ini mengalami penurunan dari DPT pemilihan yang lalu. Dimana DPT pada Pilgub tahun 2013 berjumlah 486.487. Artinya ada sekitar kurang lebih 30.000 penurunan mata pilih. Selain itu Leo juga menyampaikan, berkaitan DPT ini kemungkinan bisa bertambah jika ada aturan yang mengaturnya, sebab menurut dia, salah satu penyebab penurunan DPT ini berkaitan dengan pemilih yang belum memiliki E-KTP. Dimana pada Pemilihan terdahulu pemilih yang belum E-KTP dapat memilih.

“Data Pemutakhiran kita ada 30.000 lebih warga di OKU Timur belum memiliki E-KTP. Jumlah inikan klop jika di hubungkan dengan DPT pilgub 2013 lalu yang saat itu belum E-KTP bisa memilih. DPT ini kemungkinan bertambah jika ada aturan terbaru yang mengatur, yakni masuk dalam tahapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB). Untuk Pilgub ini kita Target kan partisipasi pemilih di atas 77 persen,” tukasnya.

Tampak Hadir dalam rapat Pleno ini, PPK dan operator se OKU Timur, Panwaslu dan Panwascam se OKU Timur, Tim Pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018. Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.