Saat Pelepasan Siswa, SMAN 1 Martapura Gelar Bazar

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam rangka meningkatkan kreatifitas siswa dan siswi agar mempunyai jiwa kewirausahaan. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Martapura menggelar kegiatan bazzar pada saat acara Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Martapura yang bertempat dihalaman sekolah. Bazzar yang dimulai sejak pukul delapan pagi tersebut terlihat ramai dikunjungi siswa-siswi dan dewan guru, bahkan tamu undangan yang menghadiri acara pelepasan siswa turut mengunungi stand bazzar.

“Ada 15 stand dipersiapkan siswa-siswi yang berisikan stand makanan yang unik dan memiliki nilai gizi tinggi. Sebagian besar peserta menawarkan makanan dengan tidak lupa memperhatikan keamanan pangan dengan nilai gizi yang terukur bagi konsumen,” ungkap Kepala SMAN 1 Martapura Drs Akso, MM.

Dikatakan, kegiatan Bazzar yang dilaksanakan merupakan bagian dari Program Sekolah. Pada kegiatan bazzar tersebut yang ditampilkan adalah berbagai karya yang dihasilkan oleh siswa-siswi, serta beragam kuliner hasil karya siswa dan guru. SMA Negeri 1 Martapura juga membuka diri bagi rekan-rekan penerbit untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Ada beberapa aneka jajan pasar yang dijajakn di stand diantaranya seperti pempek, asinan buah, aneka kue, nasi uduk, dan aneka es buah yang menjadi stand favorit para pengunjung. Tak hanya itu, stand lainnya juga menjual sandal, kerajinan tangan seperti bunga dan tempat minuman, pakaian, jilbab, bahkan ada juga yamg menwarkan jasa foto box. Acara perpisahan kali ini mengusung tema kesederhanaan, hal ini dimaksudkan agar siswa dan guru mengedepankan kesederhanaan, sehingga perpisahan dapat lebih bermakna,”pungkasnya.

Sementara, Anggun Asniasalah satu siswi kelas X IPA 1 mengatakan, stand bazarnya mengambil nama yang identik dengan bahasa daerah yaitu Singgah Pai, agar diharapkan pengunjung stand banyak yang mampir untuk membeli. Stand mereka menampilkan aneka makanan dan minuman kopi yang dibuat dengan hasil kreasi dan inovasi sendiri. “Yang kami jual ini, hasil kreatifitas kami bersama teman -teman dengan memakai dana kelas,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan siswa kelas IPA 3 Silvi Riskiani, selain menjual aneka makanan dan minum, standnya juga menampilkan hasil kerajinan tangan berupa tempat minum air mineral, tempat tisu, dan pas bunga.“Kami bersama teman-teman sengaja membuka stand ini bertujuan untuk melatih diri berwirausaha biar kedepannya bisa mandiri,” ujar Silvi.