Hingga Akhir April, 25 Persen Proyek Beberapa OPD Belum Lakukan Pelelangan

 

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sebanyak 25 persen dari jumlah proyek dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten OKU Timur belum melaksanakan pelelangan. Hal ini terjadi hingga akhir bulan April 2018. Adapun beberapa OPD yang belum melakukan lelang diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU TR), Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), Rumah Sakit, dan Disperindag karena paket lelang belum diserahkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP). Hal ini disampaikan oleh Kabag Administrasi Pembangunan (Adpem) Setda OKU Timur Aldi Gurlanda ST, MM, Jumat (20/4/2018).

Jika proses pelelang terhambat kata dia, tentu saja akan berpengaruh pada pelaksanaan pengerjaan. Untuk itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan segera melakukan pelelangan.

“Paket lelangnya belum diserahkan. Memang tidak ada batas waktu, namun himbauan dari bupati untuk segera dilakukan pelelangan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk anggaran OPD yang mengetahui demikian pengerjaan proyek yang melakukamnya OPD masing-masing. Sedangkan LPSE hanya tempat pelaksanaan lelang. Menurutnya, tidak semua dinas memiliki paket pekerjaan yang akan dilelangkan. Sebagian besar proyek yang dilelangkan adalah pekerjaan fisik jalan, gedung, dan irigasi. Sementara untuk pengadaan tidak terlalu besar. Lelang kata dia, terbuka melalui LPSE.

“Kita harapkan secepatnya OPD melakukan lelang agar proyek bisa segera dikerjakan,” ujarnya.

Sementara Kadisperindag OKU Timur Hj Sri Inarsih menjelaskan lembaganya sudah mengajukan proses lelang di LPSE yang saat ini prosesnya sedang berlangsung.