Dongkrak Minat Baca Masyarakat, Desa Sukabumi Dirikan Rumah Baca

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Warga Desa Sukabumi mendirikan Rumah Baca Bintang. Rumah Baca tersebut didirikan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Sukabumi dan sekitarnya, dengan tujuan utama yaitu menumbuhkan minat baca masyarakat. Rumah Baca ini diresmikan oleh Oskarida, SE, Camat Cempaka di Desa Sukabumi, Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur, Minggu (22/4/2018).

“Saya sangat mengapresiasi sekali pembentukan Rumah Baca Bintang Desa Sukabumi, saya berharap bisa menginspirasi desa lainnya sehingga setiap desa mempunyai rumah baca. Pesan saya kepada pengurus Rumah Baca Bintang supaya menjadikan rumah baca ini sebagai tempat untuk bermain sambil belajar bagi anak-anak,” kata Oskarida saat memberi sambutan.

Pada kesempatan itu, Oskarida memberikan bantuan berupa Laptop untuk kegiatan operasional rumah baca serta membantu mengajukan beberapa permohonan pengadaan buku ke perpustakaan Provinsi dan beberapa rekan koleganya.

“Semoga dengan adanya Rumah Baca Bintang ini, pengetahuan anak-anak di desa Sukabumi tidak kalah dengan anak-anak di kota,” pungkasnya.

Sementara itu, Bunyamin, Sekretaris Desa Sukabumi menyambut positif kehadiran Rumah Baca Bintang di daerahnya. Dirinya juga berharap, bangunan yang mencerdaskan generasi muda di desanya itu segera bertambah koleksinya dengan bantuan buku dari berbagai pihak.

“Kami dari pemerintah desa sangat mendukung dibentuknya Rumah Baca di Desa Sukabumi, kami berharap ini bisa menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak didesa sukabumi,” ujarnya.

Sedangkan Rizki Asmuni SKM selaku penggagas dan pembina Rumah Baca Bintang, menambahkan, Kegiatan peresmian dilakukan dengan gunting pita yang dilakukan oleh Camat Cempaka didampingi Sekretaris Desa, Ketua BPD dan Pembina Rumah Baca Bintang. Selain Peresmian Rumah Baca Bintang sekaligus pengumuman pemenang lomba permainan tradisional dimana sudah dilaksanakan pada minggu sebelumnya.

“Rumah Baca Bintang didirikan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terutama anak-anak di Desa Sukabumi. Seperti diketahui minat baca buku di Indonesia masih rendah ditambah dengan berkembangnya teknologi sehingga banyak anak-anak beralih menggunakan gawai dibanding dengan membaca buku, “ Ujarnya.

Acara peresmian yang dikelola oleh remaja-remaja Desa Sukabumi ini dihadiri oleh Camat Cempaka. Selain itu, acara tersebut juga dihardiri oleh Tenaga Ahli Kabupaten, Sekretaris Desa, Ketua BPD, P3N dan perwakilan guru-guru dari SDN 1 dan 2 Sukabumi serta masyarakat sekitar.