Ratusan Kader Muda NU di OKU Timur Ikuti Makesta IPNU-IPPNU

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kabupaten OKU Timur (PC IPNU – IPPNU) mengadakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). PC IPNU-IPPNU sendiri merupakan organisasi kader Islam yang berbasis pada pelajar. Atas besarnya perhatian PC IPNU-IPPNU terhadap kaderisasi maka program yang dijalankan juga tak terpisahkan dari visi dan misi organisasi.

Salah satu visi dan misi PC IPNU dan IPPNU yaitu selalu mencerdaskan kehidupan berbangsa tanpa meninggalkan nilai-nilai agama yang berpegang teguh pada prinsip Belajar, Berjuang dan Bertaqwa. Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), adalah pengkaderan dasar di organisasi IPNU-IPPNU. Maka dari itu PC IPNU-IPPNU mengadakan Makesta Raya mengingat pentingnya pengkaderan di organisasi.

Menurut Ketua umum IPNU OKU Timur Muhammad Mukhlis mengatakan, Kegiatan Makesta yang dilaksanakan pada 21 hingga 23 April 2018 itu berjalan dengan lancar. Selain pemberian materi ada juga tambahan acara seperti seminar ‘Empat Pilar Kebangsaan’ dengan pemateri Bertu Merlas ST (anggota DPR RI). Selain seminar ada juga ‘Pentas Panggung Kreasi’ sebagai tempat menampilkan bakat dan keahlian dari Kader-kader IPNU Dan IPPNU.

“Banyak materi yang diberikan pada kegiatan Makesta, diantaranya materi ke-IPNU-IPPNUan, Aswaja, Keorganisasian, ke NU an, keadminitrasian dan masih banyak lagi didalamnya, yang diberikan bekal Kian menjadi Pelajar yang Sukses,” katanya.

Lanjut Mukhlis, kegiatan Makesta Raya yang dilaksanakan di gedung STIT MISBAHUL ‘ULUM Gumawang ini bertujuan untuk memberikan bekal keaswajaan dan membaiat peserta menjadi anggota IPNU-IPPNU. “Peserta Makesta ini, nantinya akan menjadi generasi penerus perjuangan IPNU-IPPNU di masing-masing tingkatan sambung uyunul fauziyah selaku Ketua Umum IPPNU OKU Timur,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Imam Efendi menuturkan, kegiatan Makesta Raya akan terus berkelanjutan dan Peserta kegiatan ini diikuti 100 peserta lebih. “Kegiatan Makesta ini diikuti oleh Pagar Nusa Kabupaten OKU Timur MA Sabulussalam 1, MA Sabulussalam 2, MA Hidayatul Muta’diin, MA MIFTAHUL Mifatahul’ulum, MA AL-Munawaroh, Dan juga dari Ogan Komering Ilir (OKI) STIQ AN-Nur dan STAI Assidiqiyah,” tuturnya.

Sedangkan, Kukuh Prihandoko,S.Pd.I selaku MABINCAB PC IPNU Kabupaten OKU Timur menegaskan, kegiatan IPNU dan Makesta Raya ini tanpa APBD, tapi pihaknya harus selalu siap untuk menghidupi organisasi, karna IPNU telah berhasil membuat gagasan Gerakan Cinta Masjid (GCM) yang sampai hari ini masih berjalan untuk membangkitkan semangat muda untuk lebih mencintai masjid.

“Pengkaderan ini tidak hanya berhenti pada satu tingkat, tetapi bagi peserta yang sudah mengikuti Makesta bisa mengikuti pengkaderan selanjutnya yaitu Lakmud dan Lakut. Pengkaderan di IPNU-IPPNU wajib diikuti oleh semua kader, sehingga penguatan organisasi terus berjalan, karena Kegiatan Makesta Raya tidak hanya memberikan bekal tentang penguatan kader IPNU-IPPNU, tetapi juga ada pemilihan kader terbaik dalam proses pengkaderan itu,” ujar Kukuh.