PAD OKU Timur Mengalami Kenaikan yang Signifikan

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi, mengatakan berdasarkan struktur keuangan daerah, pendapatan daerah OKU Timur telah mengalami peningkatan. Pada 2016 pendapatan daerah sebesar Rp1,521.000.000. Pada 2017 meningkat menjadi Rp1.532.000.000.000. Hal ini tidak terlepas dari berbagai upaya dan usaha Pemda, dalam menggali dan mengelola sumber-sumber PAD. Realisasi PAD OKU Timur 2017 sebesar Rp83,8 lebih mengalami kenaikan yang sangat signifikan sebesar 20,93  persen dari tahun sebelumnya.

Demikian diungkapkan Kholid pada saat Pembukaan Rapat Paripurna kesatu Kabupaten OKU Timur masa persidangan kesatu tahun 2018 penyampaian dokumen LKPJ 2017, yang berlangsung pada Rabu (25/04/2018) di ruang Rapat Paripurna DPRD OKU Timur.

Sedangkan dari segi belanja, belanja daerah 2017 terealisasi Rp1,5 triliun lebih dari target belanja  Rp1,6 triliun lebih dengan capaian sebesar Rp90,29 persen. Realisasi anggaran belanja tidak langsung sebesar Rp1,2 triliun lebih dengan capaian 90,77 persen. Sedangkan realisasi belanja langsung sebesar Rp275,4 miliar lebih dengan capaian 88,41 persen,katanya.

“Capaian kinerja bidang pendidikan dapat diuraika , pada 2017, Angka Partisipasi Murni (APM) tingkat SD 99,20 persen dan Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkat SD sebesar 107,58 persen.Sedangkan APM tingkat SLTP sebesar 84,70 persen dan APK SLTP sebesar 99,56 persen. Sedangka capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) OKU Timur sebesar 67,38 merupakan angka tertinggi kelima di Sumsel. Kedepan kami nenetapkan target IPM OKU Timur sebesar 68,8 hingga 70,0,” tambahnya.

Kholid juga menambahkan sedangkan pada pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan 2017 didapat hasil-hasil, rehabilitasi Puskesmas sebanyak tujuh unit, rehabilitasi Pustu sebanyak delapan unit, dan rehabilitasi Poskesdes sebanyak sembilan unit. Serta pembangunan fasilitas pendukung berupa, pembuatan sumur bor sebanyak dua unit serta pembangunan IPAL Puskesmas sebanyak dua unit.

“Pada pelaksanaan bidang kesehatan, kami berupaya untuk selalu meningkatkan pelayanan gizi dan meningkatkan kualitas kesehatan terhadap Balita dan Batita. Namun karena adanya keterbatasan dana persentase Balita dan Batita mendapat pelayanan gizi sesuai standar pada 2017 hanya tercapai 70 persen, sedangkan presentase pemberian makanan tambahan untuk Balita gizi buruk tercapai 60 persen,” jelasnya.

Pelaksanaan pembangunan bidang Pekerjaan Umum dan penataan ruang pada 2017 bertujuan untuk meningkatkan pelayanan jasa sarana jalan dan jembatan, pembangunan dan pengembangan pengairan yang terintregrasi dengan sektor pertanian tetap memperhatikan aspek berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Pencapaian hasil bidang pekerjaan umum pada 2017 antara lain, panjang jalan yang telah dibangun maupun direhab sepanjang 102 kilometer, dengan persentase panjang jalan kabupaten dalam komdisi baik, sedang sampai 2017 sebesar 87,84 persen.Panjang jalan lingkungan yang dibangun sepanjang 20 kilometer serta panjan drainase yang dibangun sepanjang 15 kilometer.

Bupati OKU Timur juga menambahkan dalam pelaksanaan bidang perumahan rakyat dan kawasan pemukiman Pemkab OKU Timur berupaya membantu masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah agar senantiasa terjaga kualitas kesehatan, serta dapat meningkatkan kesejahteraannya melalui program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di OKU Timur dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merupakan program stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mengurangi rumah tidak layak huni. Capaian dari program ini persentase rumah tangga dengan akses sanitasi yang layak sebesar 82,75 persen.

Pada bidang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, dilaksanakan dengan melakukan 50 kali patroli wilayah kecamatan yang menjadi target pelaksanaan patroli rutin penegakan Perda. Mengadakan razia siaga terhadap bahaya Narkoba sebanyak dua kali, serta empat kali mengadakan penyuluhan tentang bahaya Narkoba kepada pelajar.

Sedangkan dalam bidang sosial, program dan kegiatan dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan keterampilan usaha bagi keluarga miskin, pelatihan peningkatan kemampuan  (Capacity building) petugas pendamping sosial pemberdayaan fakir miskin, KAT, dan PMKS lainnya serta terlaksananya Isbat Nikah massal,ujarnya.

Lebih lanjut Kholid mengungkapkan, capaian bidang tenaga kerja merupakan hasil yang patut dibanggakan dimana OKU Timur merupakan kabupaten dan kota di Sumsel dengan tingkat pengangguran terendah 2,35 persen dari jumlah angkatan kerja 633.810 jiwa. Pemkab OKU Timur senantiasa berupaya untuk menekan jumlah pengangguran dengan menetapkan target untuk menurunkan jumlah penganggutan terbuka menjdi dibawah 2 peren. Upaya untuk mewujiludkan hal tersebut dilaksanakan dengan mengupayakan perlindungan terhadap tenaga kerja dan meningkatkan pengembangan lembaga ketenagakerjaan.

Ketua DPRD OKU Timur Beni Defitson SIP, MM dari 45 anggota DPRD  yang hadir 36 orang. Pembahasan selanjutnya akan dibahas pada tingkat fraksi-fraksi.”Agenda selanjutnya pembahasan ditingkat fraksi-fraksi,”ungkapnya.

Paripurna dihadiri oleh Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni SE, dan unsur Muspida.