Fraksi Partai Hanura Dinilai Sudutkan Salah Satu Suku

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam laporan penyampaian pandangan umum fraksi atas LKPJ Bupati OKU Timur Tahun Anggaran 2017, Fraksi Partai Hanura DPRD OKU Timur dalam laporannya dinilai menyudutkan masyarakat OKU Timur khususnya yang berada di Pesisir Komering. Penyampaian pandangan fraksi berlangsung di ruang Paripurna DPRD OKU Timur pada Kamis (26/4/2018).

Melalui juru bicara Fraksi Hanura yang dibacakan Ponco Joko Kustanto, dalam kutipan poin ketiga butir kedua, di ruang sidang menyebutkan kepada pihak kepolisian Polres OKU Timur agar menindak tegas masyarakat yang menyimpan senjata api, khususnya di jalur Komering yang selalu timbul peristiwa penembakan beberapa bulan yang lalu akibat dari narkoba.

Pandangan fraksi yang disampaikan politikus Partai Hanura ini mendapat sorotan dari wartawan yang sedang meliput paripurna itu. Saat dikonfirmasi dan diminta data tentang jumlah korban penembakan di jalur Komering oleh wartawan kepada Fraksi Hanura, Sekretaris DPC Partai Hanura OKU Timur  Zulkarnain, mengakui jika pemandangan itu muncul dari kesimpulan fraksi Hanura jika di jalur Komering memang rawan peredaran senjata api.

“Jika berapa jumlahnya kita tidak tahu, tapi kita berkaca pada kejadian beberapa bulan lalu (berasal dari jalur Komering),” ujarnya.

Sementara saat ditanya kadar keilmiahan terhadap pernyataan pemandangan Fraksi Hanura, Zulkarnain dengan tegas menyebut bahwa apa yang disampaikan memang sudah disimpulkan fraksi mereka. “Mau lmiah atau tidak, terserah, yang pasti itu kesimpulan kita,” tambahnya.

Selain peredaran senjata api, Fraksi Hanura juga menyoroti maraknya peredaran narkoba di Bumi Sebiduk Sehaluan. Untuk itu fraksi ini meminta kepada Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) agar dapat mensosialisasikan masalah narkoba mulai dari sekolah dasar (SD) sampai SMA, di jalan-jalan dusun sampai jalan utama.

“Dan dibuatkan spanduk dengan slogan ‘jangan coba-coba dekati narkoba’,” ungkapnya.

Selanjutnya rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Ir Hj Juniah MP dan dihadiri Plt Sekda OKU Timur Idrus Musa tersebut dilanjutkan dengan agenda jawaban Bupati atas pemandangan umun fraksi.