Sempat Buron, Satu dari Lima Tersangka Pemerkosaan Ditangkap di OKU Selatan

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Polres OKU Timur berhasil meringkus satu dari lima tersangka pemerkosaan. Tersangka Riki Adriyansyah (20) warga Desa Ringin Sari Kecamatan Belitang III ditangkap pada Selasa (24/4/ 2018) sekitar pukul 19.30 Wib di rumah saudaranya OKU Selatan setelah sempat buron selama satu bulan lebih. Sebelumnya polisi juga telah menangkap tersangka Ai (16) dan Suranto (32) keduanya warga Desa Ringin Sari Kecamatan Belitang III dan proses hukum kedua tersangka sudah masuk tahap penuntutan.

Kasus pemerkosaan ini tertuang dalam LP.B/07/III/2018/sumsel/OKUT /Sek Blt III tanggal 03 Maret 2018. Sebagaimana dimaksud dengan UU RI no.35 th 2014 tetang perubahan UU RI no.23 th 2002, tentang Perlindungan Anak).

Menurut Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH SIK melalui Bagian Humas Ipda Dedi YS, saat dikonfirmasi pada Kamis (26/4/2018) mengatakan sebelum peristiwa ini terjadi tersangka Riki Adriansyah mengajak korban ES warga Desa Dadi Rejo Kecamatan Belitang III kesebuah pondok maupun gubuk di Desa Ringin Sari Kecamatan Belitang III OKU Timur. Aksi bejat ini dilakukan kelima tersangka pada Kamis (1/4/2018) sekitar pukul  13.00 Wib.

“Korban bersama dengan saksi Rosalita dan tersangka Riki Adriansyah pergi ke sebuah pondok atau gubuk yang terletak di perkebunan karet diujung Desa Ringin Sari Kecamatan Belitang III, OKU Timur. Setelah sampai di tempat tersebut korban diajak untuk mengkonsumsi narkoba jenis Sabu – sabu, kemudian korban diajak oleh tersangka Andi yang sudah lebih dahulu ditangkap untuk melakukan hubungan intim,” katanya.

Kemudian lanjutnya, sesudah Andi melakukan hubungan intim, selanjutnya tersangka yang lain juga melakukan hubungan intim dengan korban secara bergantian. Sesudah kejadian itu tersangka Riki Adriansyah alias Planton mengancam korban untuk tidak menceritakan peristiwa itu  kepada siapapun.

“Akibat kejadian tersebut korban mengalami syok dan dibawa ke Puskesmas Nusa Bakti dan diopname selama dua hari. Kemudian peristiwa ini dilaporkan keluarga korban ke Polsek Belitang III,” ujarnya.

Sedangkan kronologis penangkapan, kata dia, setelah buron lebih dari satu bulan, anggota Polsek Belitang III mendapat informasi jika DPO Riki Adriansyahb alias Platon bersembunyi di rumah keluarganya di daerah OKU Selatan, setelah Kapolsek Belitang III berkoordinasi Kasat Reskrim Polres OKU Timur, selanjutnya pada  Selasa (24/4/2018) sekitar pukul 10.00 Wib anggota Reskrim Polsek Belitang III sebanyak tujuh personil dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda Mulyono langsung menuju ke tempat persembunyian tersangka.

“Dengan diback up oleh Polsek Banding Agung Polres OKU Selatan akhirnya tersangka Planton berasil dibekuk. Anggota kita masih terus memburu tersangka lain yang sudah kita masukan dalam DPO,” tegasnya.

Sekarang pihak kepolisian masih terus memburu tersangka Yo warga Desa Ringin Sari Kecamatan Belitang III dan BR warga  Desa Karang Sari Kec Belitang III OKU Timur. Kedua tersangka tersebut masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dengan no DPO/03/III/2018/Reskrim/Sek Blt III, tgl 10 maret 2018.