Hardiknas Momentum Untuk Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional, tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hadiknas) Tahun 2018 ini mengusung tema menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan maka diharapkan dapat mempererat hubungan antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni SE pada saat memimpin upacara bendera peringatan Hardiknas tahun 2018 di halaman Pemkab OKU Timur, Rabu (2/5/2018).

“Saya juga mengajak seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan agar dapat meneladani Ki Hadjar Dewantara, dan menjadikan momentum peringatan Hardiknas ini untuk melakukan muhasabah, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan dan kebudayaan,” kata Fery saat membaca pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Selain itu seusai upacara Wabub juga menghimbau kepada semua pelajar SD, SMP dan SMA di Kabupaten OKU Timur agar dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini terus berkembang dengan sebaik-baiknya, agar mampu mengahasilkan manfaat yang baik untuk bekal masa depan.

“Semoga dengan berkembangnya media sosial anak-anak pelajar di Kabupaten OKU Timur terus mengikuti dan mengejar perkembangan kecanggihan teknologi, serta dapat mengunakannya dengan bijak sesuai dengan peruntukannya. Ambil positifnya dan jauhi dampak negatifnya,” ujarnya.

Guru, orang tua dan masyarakat, lanjut Fery, diharapkan untuk menjadi sumber kekuatan dalam memperbaiki kinerja dunia pendidikan guna menumbuh kembangkan karakter dan literasi anak. Tripusat pendidikan harus secara stimulan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai relegius, kejujuran, kerja keras dan gotong royong bagi para penerus kemajuan bangsa.

“Saya berharap khusunya pelajar yang ada di Kabupaten OKU Timur dengan memperingati Hardiknas ini mari kita songsong masa depan yang lebih cerah, kita isi dengan belajar yang baik dan kegiatan yang positif, supaya perwujudan kebangsaan yang bebas dapat terwujud dengan adanya ahlak dan kelakuan yang baik,” jelasnya.

Sementara itu ditempat berbeda, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Drs M Ali MM didampingi Sekretaris H Sopiyan Hadi menambahkan, Saat ini tantangan eksternal muncul dari perubahan dunia yang sangat cepat dan kompetitip. Hadirnya revolusi industri 4.0 bertumpuh pada cyber-physical system telah mengubah peri kehidupan kita. Oleh karena itu kita harus beradaptasi dan bertindak gesit serta mau tidak mau dunia pendidikan harus terus menyesuaikan dinamika tersebut dengan cara reformasi sekolah, peningkatan kapasitas guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana prasarana yang handal serta pembelajaran yang mutakhir.

“Pesan kita kepada pelajar untuk terus meningkatkan belajar dan senantiasa berbenah diri sehingga apa yang menjadi cita-cita mereka kelah akan tercapai, yang tentunya membuat bangga guru dan juga orang tua,” pungkasnya.