Masyarakat Harus Memiliki Kesadaran Politik

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Guna meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya Demokrasi dan pemilu, Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Martapura, OKU Timur, mengadakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan 2018.

Acara yang berlangsung di aula Rumah Makan Siang Malam, pada Sabtu (5/5/2018) pukul 13.00 WIB dihadiri sekitar 70 peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, masyarakat sekitar, serta Panwaslu desa/kelurahan se-Kecamatan Martapura.

Menurut Novri Hasan selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Martapura, mengatakan, acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Pengawasan Pemilu.

“Saat ini masyarakat harus memiliki kesadaran politik. Sehingga masyarakat dapat berpartisipasi pada jalannya Pemilu. Hal-hal itulah yang dibahas pada sosialisasi hari ini,” katanya.

Selain itu, Novri berharap melalui sosialisasi ini, kesadaran politik masyarakat untuk membantu tugas pengawasan Pemilu dapat meningkat. Sehingga Pemilu dapat berjalan lancar, aman, damai dan tanpa meninggalkan residu.

Sedangkan, salah satu anggota Panwaslu Kabupaten OKU Timur, Beni Tenagus menekankan untuk dapat berpartispasi dalam pengawasan Pemilu, masyarakat harus mengetahui hal-hal yang diperbolehkan atau sebaliknya dalam Pemilu ini.

“Apabila didalam proses berjalan ditemukan adanya pelanggaran, masyarakat wajib melaporkannya. Dimulai dari Panwaslu desa/kelurahan, kemudian tingkat kecamatan lalu akan diteruskan dan ditindaklanjuti ditingkat kabupaten,” terangnya.

Sementara itu, Camat Martapura, H. Faisal, memberikan dukungan serta apresiasi terhadap jalannya sosialiasi ini. “Saya mengapresiasi adanya sosialiasi yang digelar oleh Panwalu Kecamatan ini. Saya berharap masyarakat mendapatkan wawasan serta berperan dalam kelancaran Pemilu,” ujarnya.