Kepengurusan PMI Kabupaten OKU Timur Resmi Dilantik

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Kepengurusan PMI Kabupaten OKU Timur masa bhakti 2018 – 2023 baru saja dilantik. Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Kepala Markas PMI Sumsel Zulpikar Pauzi. Kegiatan ini dilaksanakan di Bina Praja I Pemkab OKU Timur, Senin (7/5/2018).

Sebagai ketua terpilih Kholid Mawardi SSos MSi yang juga Bupati OKU Timur seusai dilantik mengatakan, ada tiga tugas pokok PMI yang harus selalu dipahami oleh seluruh komponen PMI terutama PMI Kabupaten OKU Timur. Tiga tugas pokok PMI, yaitu mencegah terjadinya bencana, membantu setelah terjadi bencana dan diperlukan koordinasi antar sesama.

“Contohnya jika ada korban yang membutuhkan donor darah. Maka untuk itu, PMI harus ada daftar orang – orang pendonor darah dan mengajak orang untuk donor darah. Mengajak orang untuk suka donor ada berbagai cara,” kata Kholid.

Selain itu Kholid juga menyampaikan, penanggulangan becana tidak bisa direncanakan, contohnya jalur Komering yang rawan dengan banjir dan angin kencang. “Untuk itu, kita harus paham bagaimana cara menanggulangi bencana,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Markas PMI Sumsel Zulpikar Pauzi, mengatakan, selama ini kerangka PMI di OKU Timur sudah ada. Diharapkan PMI dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya di OKU Timur.

“Pengurus PMI saat kondisi aman harus terus melakukan pelatihan. Memasyarakatkan PMI itu bukan hanya donor darah tapi masih banyak agenda maupun program lainnya,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, kegiatan PMI Kabupaten OKU Timur sudah berjalan dengan baik sama dengan PMI di daerah lain. Hanya saja, di PMI Kabupaten OKU Timur belum memiliki unit transfusi darah.

“Untuk kegiatan, PMI Kabupaten OKU Timur sudah berjalan dengan baik. Dan juga kita pada 2018 menjadi tuan rumah Asian Games untuk itu PMI harus siap,” ujarnya menambahkan.