Pemeriksaan Keuangan Hanya Fokus di Beberapa Kecamatan

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Kepala Subauditorat Sumsel I BPK RI, Ali Thoyibi, SE, MAk, Ak, ketika menjadi pembicara di Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes menyampaikan, pemeriksaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumsel di Kabupaten OKU Timur, hanya fokus dilakukan di beberapa kecamatan sebagai sample. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan di Aula Hotel Parai Tani Martapura, Senin (7/5/2018).

“BPKP hanya memeriksa LKPD Pemerintah Daerah OKU Timur, dan tidak sampai ke desa-desa untuk menguji esensi bantuan keuangan dana desa apakah penyalurannya ada maupun tidak. Setelah diperiksa ternyata ada dan sudah sesuai,” ujarnya.

Selain itu dirinya juga menghimbau jika ada penyalahgunaan dana desa yang beraroma tindak pidana korupsi, kata dia, maka akan diserahkan ke Inspektorat Daerah untuk ditindaklanjuti.

“Namun, karena pemeriksaan ini butuh biaya yang tinggi, maka kita tidak sampai ke desa dan jika terjadi penyimpangan yang dananya kecil, kami serahkan ke Inspektorat Daerah. Dalam hal ini Pemerintah Dearah harus meningkatkan SDM di Ispektorat, agar kualitas hasil pemeriksaan baik,” imbaunya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi, yang menjadi moderator dalam acara itu mengatakan, jika desa tidak sukses menyalurkan Dana Desa (DD), maka yang salah adalah kepala OPD nya.

“Jika penyaluran dana desa tidak sukses, maka kepala OPD nya tidak sukses,” tegasnya.