Saring Bakat Anak-anak, Rumah Baca Bintang Gelar Festival Ramadhan Ceria

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan Rumah Baca Bintang Desa Sukabumi menggelar beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut mengusung nama Festival Ramadhan Ceria. Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah Lomba Anak Sholeh. Lomba ini dilaksanakan di Masjid Al-Muttaqin Desa Sukabumi Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur.

Menurut Ketua Rumah Baca Bintang, Ariyansyah saat dibincangi mengatakan, Lomba ini terdiri dari Lomba Adzan, Lomba Da’i atau Da’iah, Lomba Hapalan Surat Pendek, Lomba Mewarnai Kaligrafi, dan Lomba Menggambar Kaligrafi dan Lomba Ranking 1. Lanjut Ariyabsya, tujuan dari Lomba ini untuk menjaring bakat dan meningkatkan kreatifitas anak-anak.

“Lomba ini diikuti oleh anak-anak dari tingkat TK, SD sampai SMP dan tanpa dikenakan biaya pendaftaran. Tujuan dari Lomba-lomba ini supaya anak-anak bisa meningkatkan bakat mereka serta mengasah kemampuan mereka dalam bidang yang mereka sukai,” katanya, Minggu (27/5/2018).

Sedangkan, Arifin Su’ud selaku tokoh agama desa Sukabumi, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Kemudian kata dua, menurut data dari Depag, desa Sukabumi merupakan Desa yang paling banyak anak-anak yang mengaji.

“Pada dasarnya kami sangat mendukung dan mengapresiasi Rumah Baca Bintang yang sudah mengadakan acara ini, karena acara ini bermanfaat untuk anak-anak dalam mengasah bakat mereka dan bisa meningkatkan ketertarikan mereka dalam menghapal Surat dalam Al-Qur’an,” pungkasnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Program Sosial Dasar (TA PSD) Kabupaten OKU Timur Indah Puspita Sari berharap dari kegiatan ini bisa menemukan anak-anak yang memiliki kemampuan menghafal Alquran, adzan, calon Da’i atau Da’iah serta yang bisa menggambar kaligrafi . Selain ini juga dapat memberikan motivasi kepada para orangtua agar dapat mengantarkan putra-putrinya semakin dekat dengan Al-Quran.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus karena bisa menjaring minat bakat anak di bidang agama, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang yang mereka sukai,” ungkapnya.

Selain acara lomba tersebut, Rumah Baca Bintang juga mengadakan beberapa kegiatan yang masuk dalam rangkaian acara Festival Ramadhan Ceria, seperti BBM (Bersih-bersih Masjid) yang sudah dilaksanakan dan bagi-bagi bingkisan untuk Obmai dan Akas (Kakek dan Nenek, Red) sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang sudah tua.