Ada Empat Calon Sekda OKU Timur, Berikut Ini Daftarnya… 

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sampai saat ini sebanyak empat pejabat mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi calon Sekda OKU Timur. Keempat Pajabat tersebut telah memasukan berkas di kantor Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) OKU Timur.

Menurut Kepala BKPSDM OKU Timur, Juanda didampingi Kabid Mutasi dan Pengembangan, Risman Sukri, mengatakan, bahwa seluruh berkas diperiksa dan saat ini masih dalam penelitian tim maupun Pansel. “Akan dilaporkan KASN untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya, Senin (28/5/2018).

Dikatakannya, sekarang sudah ada empat calon Sekda OKU Timur yang mendaftar di BKPSDM. Untuk berkas sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan KASN. Sehingga setiap calon yang mendaftar harus memenuhi persyaratan.

“Pendaftaran akan ditutup sampai pukul 00.00 WIB Senin (28/5/2018) kita harapkan bagi yang memenuhi persyaratan silahkan mendaftar,” ucapnya.

Lanjutnya, pansel hanya menjaring tiga calon sedangkan bagi siapapun yang mendaftar disilahkan, karena putusan akhir tetap pada bupati. Serta keputusan itu tentu dengan masukan dan rumusan. Pansel dan KASN hanya memberikan pertimbangan dan masukan. Seleksi ini untuk mengetahui kemampuan calon Sekda.

“Sekarang sudah ada empat calon yang mendaftar diantaranya Sekwan Riza Pahlevi, Kepala BPBD Mgs Habibullah, Kadin Koperasi dan UKM Hermansyah Qodho, Kepala BPKAD Jumadi. Kemungkinan masih akan bertambah karena pendaftaran ditutup hingga pukul 00.00 Wib,” ujarnya.

Sampai sekarang belum ada pejabat dari luar OKU Timur yang mendaftar. Untuk jadwal pendataran calon Sekda dilakukan mulai 22 hingga 28 Mei 2018. 30 Mei pengumuman hasil seleksi administrasi, assesment 4 hingga 6 Juni 2018. Pemeriksaan hasil assesment pada 7 hingga 21 Juni 2018.

“Pengumuman hasil assesment 25 Juni 2018, presentasi.makalah 26 hingga 27 Juni 2018. Wawancara 26 hingga 27 Juni 2018.penyemapaian hasil penilaian kepada Bupati 29 Juni. Laporan proses pengisian JPTP Ke KASN 2 Juli,” ungkapnya.

Dari empat calon yang ikut assesment tiga orang diajukan Pansel ke Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian kemudian bupati menyampaikan ke KASN, dari tiga calon bupati harus memilih satu. Sebelumnya calon harus menyampaikan makalah kepada Pansel.

Sesuai PP 11 tahun 2017 pasal 114 ayat 5 Pansel terdiri dari unsur pejabat pimpinan tinggi terkait dari lingkungan instansi pemerintah yang bersangkutan. Pejabat pimpinan tinggi dari instansi pemerintah lain yang terkait dengan biddang jabatan yang lowong. Akademisi, pakar, profesional. Pendaftaran ditutup sampai tutup jam kerja.

“Untuk pejabat tinggi terkait setidaknya memiliki eselon yang sama dengan jabatan yang akan diseleksi. Kita juga konsultasi dengan KASN sehingga keluar rekomendasi no B/925/KASN/2018 tanggal 26 April 2018 tentang rekomendasi rencana seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemkab OKU Timur,” terangnya.

Untuk jabatan eselon tertinggi di OKU Timur hanya Sekda eselon II A untuk itu Pansel tidak diambil dari pejabat dari OKU Timur, sehingga dimasukan ke panitia Kepala BKD Provinsi Drs H Muzakir, dan ada yang berasal dari akademisi, pakar dan profesional.