Masuki Masa Tenang Seluruh APK Paslon Dilepas

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Pelaksanaan Pilkada serentak telah masuk masa tenang. Pelaksanaan pemungutan suara sendiri akan dilakukan pada 27 Juni 2018 mendatang. Untuk itu tim gabungan melepas seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) yang sebelumnya dipasang oleh Timses seluruh Paslon. Tim gabungan tersebut terdiri dari Panwaslu OKU Timur bersama pihak kepolisian dan Kejaksaan serta didampingi SatPol PP pada Minggu (24/6/2018).

Menurut ketua Panwaslu OKU Timur Ahmad Gupron melalui Komisioner Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Beni Tenagus, mengatakan, pada masa tenang baik Paslon maupun tim pemenangan harus sama-sama menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif. Tim gabungan menyisir titik-titik yang selama ini dijadikan tempat pemasangan APK. Seluruh APK milik Paslon yang masih terpasang dilepas oleh tim.

“Kita tidak tebang pilih seluruh APK kita lepas tujuannya agar pelaksanaan Pilkda serentak di daerah kita bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Kegiatan pelepasan APK ini lanjut Beni, dibagi menjadi tiga tim yang melakukan pembersihan APK di Martapura, jalur Komering dan jalur Belitang. Seluruh Panwascam juga serentak menertibkan membersihkan APK yang bekerjasama dengan Pol PP kecamatan di wilayah masing-masing.

“Kita pastikan tidak ada APK yang masih terpasang, kecuali yang masih terpasang di Posko-Posko pemenangan yang terdaftar di KPU,” ujarnya.

Dia juga menambahkan selain itu pihaknya juga menghimbau seluruh Paslon untuk mengingatkan, tim pemenangan maupun Timses untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pelanggaran. Kecurangan-kecurangan yang biasa terjadi pada dimasa tenang contohnya masih melakukan kampanye, money politik, bagi-bagi Sembako, SARA, intervensi serta intimidasi terhadap pemilih begitu juga Paslon untuk mengingat kan kepada masing-masing tim pemenangan tidak melakukan pelanggaran.

“Karena jika terjadi kecurangan tentu akan berdampak kepada Paslon, mengingat ada sanksi yang harus dihadapi Paslon yang melanggar. Karena itu pihaknya selalu mengingatkan agar seluruh elemen masyarakat termasuk Paslon dan tim pemenangan untuk mentaati aturan dan jangan sampai melanggar,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH SIk, menyampaikan Polres OKU Timur terus memonitor hari tenang.  “Insya Allah masih landai yang perhatian kita hanya TPS-TPS yang jauh dan itu juga sudah dijadikan daerah kerawanan yang selalu kita pantau saat ini sampai  dengan jelang hari H,” terangnya.

Seluruh jajaran sudah diperintahkan untuk  terus melakukan monitor setiap saat 1×24 jam, karena sudah dibagi personilnya untuk tetap memonitor seluruh wilayahnya terutama Polsek-Polsek yang TPS nya jauh.

“Yang jelas personil kami tidak boleh lengah dengan  situasi Pilgub ini karena bagaimana pun namanya Pemilu seluruh kontestan mempunyai massa yang harus kita jaga, agar bisa menerima setiap yang menang dan kalah,” tegasnya.