Kerahkan 414 Personil Guna Pengamanan Pilkada

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 Polres OKU Timur melepas 414 personil. Pelepasan tersebut untuk mengamankan pelaksanaan pemungutan suara pada 27 Juni 2018. Pelepasan personil dilakukan melalui apel Operasi Musi Mantap 2018, yang berlangsung di halaman Mapolres pada Selasa (26/8/2018).

Menurut Kapolres OKU Timur, AKBP Erlin Tanjaya, SH, SIK, saat memimpin apel mengatakan, pelepasan pasukan PAM TPS, dalam pelaksanaan Pilkada ini sangat penting mengingat suhu politik saat Pilkada akan meningkat dan terjadi kerawanan yang harus segera diantisipasi.

“Dalam pengamanan pesta demokrasi lima tahunan ini Polres OKU Timur mendapat bantuan personel dari Polda Sumsel sebanyak 149 personel, sehingga total personil yang mengikuti apel 414 personel. Kepekaan personil menilai keadaan itu yang sangat penting sehingga bisa segera mencegah hal-hal yang tidak dinginkan,” tegasnya.

Kapolres juga menambahkan ada beberapa ancaman kerawanan diantaranya terjadi komplik antar pendukung, sabotase distribusi logistik, politik uang, penculikan dan petugas pelaksana Pemilu diintinidasi. Karena itu personil harus selalu siap siaga mengantisipasi.

“Untuk itu saya ingatakan pertajam pengamanan tindak tegas pelaku yang akan mengancam kelancaran Pilkada,” ungkapnya

Dia juga menjelaskan Personil PAM H-1 melakukan survey untuk mengetahui karekteriktis daerah, membangun komunikasi dengan pelaksana dan masyarakat, kawal kotak pemungutan suara dari TPS. Polisi tidak diperbolehkan mencatat hasil perolehan suara karena itu sudah ada petugasnya.

“Hingga saat ini menjelang pelaksanaan pemungutan suara situasi OKU Timur kondusif, namun ini harus tetap diantisiasi. TPS yang jauh merupakan ancaman kerawanan tapi sudah ditempatkan personil untuk melakukan pengamanan,” terangnya.