Bupati OKU Timur Apresiasi KPPS Mengenakan Pakaian Adat

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan pemungutan suara di TPS-TPS yang ada di Kabupaten OKU Timur. Pasalnya panitia penyelenggara pemungutan suara di beberapa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan pakaian adat. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sendiri dilaksanakan serentak pada Rabu (27/6/2018).

“Saya sangat bangga karena panitia TPS memakai pakaian adat. Ada yang memakai pakaian adat Komering, adat Jawa serta ada juga yang menggunakan adat Ogan. Ini menunjukkan kebersamaan dan kebhinekaan di OKU Timur yang majemuk. Hal ini membuktikan walau di OKU Timur memiliki kebudayaan yang berbeda tetapi di pilkada masyarakat OKU Timur tetap bersatu,” kata Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi, disela-sela kegiatan pemantauan TPS, Rabu (27/6/2018).

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat memantau pelaksanaan Pemilihan Pilkada ke beberapa TPS didampingi Dandim 0403, Kejari OKU Timur serta Kapolres OKU TimurĀ  beserta kepala OPD dilingkungan Pemkab OKU Timur, menyampaikan, hasil pantauan baik penyelenggaraan di TPS, logistik, para petugas serta para pemilih semuanya dalam kondisi yang baik. Pemantauan dilakukan di empat kecamatan yakni Kecamatan Jayapura, Kecamatan Martapura, Kecamatan BP Peliung dan terakhir di Kecamatan Buay Madang.

“Untuk logistik tidak ada yang terlambat dan antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi. Ini bisa kita lihat, baru jam 09.20 WIB sudah 50 persen lebih masyarakat yang datang ke TPS dan menyoblos,” terangnya.

Selain itu, dirinya mengucapkan rasa terima kasih kepada panitia pelaksana baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa serta seluruh panitia yang terkait dalam proses pelaksanaan Pemilihan ini. “Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas sampai dengan selesainya tahapan pemilihan,” ucapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kapolres OKU Timur, AKBP Erlin Tangjaya SIK menegaskan, sejauh ini kondisi di Kabupaten OKU Timur masih kondusif. Polisi bersama unsur lain telah melakukan pengawasan dan pengamanan secara ketat.

“Kita berterimakasih dengan masyarakat yang sudah bersama-sama menjaga dan menciptakan kondisi daerah OKU Timur kondusif,” pungkasnya.