Dongkrak Partisipasi Masyarakat Saat Pemilu, Berikut Ini Cara yang Dilakukan…

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengunakan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018, TPS 3 RT 4 RW 1, Kelurahan Sungai Tuha Jaya, Kecamatan Martapura, OKU Timur melakukan hal yang tidak biasa. TPS 3 mengadakan acara makan tekwan dan bakso gratis bagi warga yang datang ke TPS dan tidak Golput.

Menurut Danuri selaku ketua RT dan juga ketua KPPS mengatakan, hal ini dilakukan karena mengingat dari pengalaman sebelumnya, pada setiap penyelenggaraan Pemilu tingkat Golput di wilayah RT 4 sangat tinggi, bahkan masyarakat banyak yang enggan datang ke TPS.

“Karena khawatir kondisi itu akan terjadi saat Pilkada serentak tahun ini, jadi muncul lah ide dari warga untuk mengadakan makan bakso dan tekwan gratis. Ternyata memang benar, setelah ada kegiatan makan gratis ini, tingkat partisipasi masyarakat meningkat hingga 80 persen,” katanya disela-sela kegiatan pencoblosan, Rabu (27/6/2018).

Lalu lanjutnya, jumlah mata pilih yang ada di TPS 3 sebanyak 414 mata pilih, dan hingga pukul 12.00 WIB, yang nyoblos sudah 307 mata pilih.

“Setiap warga yang sudah nyoblos baru dapat makan gratis yang telah disediakan oleh ibu-ibu di RT 4. Alhamdulillah, hasilnya memuaskan dan semoga kedepan akan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kemudian dirinya menjelaskan, biaya untuk membuat konsumsi tersebut berasal dari sumbangan sukarela warga dan beberapa donatur.

“Ini murni sumbangan dari warga dan donatur,” tegasnya.