Menang Dramatis, Argentina Bertemu Prancis Di Babak 16 Besar

Foto : istimewa

KABAROKUTIMUR.COM – Timnas Argentina menang secara dramatis atas Nigeria pada matchday lanjutan penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. Marcos Rojo menjadi pahlawan Albiceleste (julukan timnas Argentina – red) lewat tendangan volinya pada menit ke-86.

Kroasia melaju sebagai juara Grup D dengan raihan maksimal sembilan poin setelah menang 2-1 atas Islandia, dan Nigeria hanya terpaut beberapa menit dari bergabung dengan mereka sebelum bek tengah Rojo melepaskan sepakan voli dari umpan silang Gabriel Mercado dari sisi kanan.

Argentina bermain agresif sejak peluit kick-off berbunyi hal ini terbukti saat Messi membawa Argentina memimpin pada menit ke-14, dengan gol cerdiknya. Ini menjadi gol pertama Messi dalam Piala Dunia 2018. Lesakkannya ini pun mengakhiri penantian selama 662 menit dalam ajang serupa sejak terakhir kali dia membobol gawang Nigeria pada Piala Dunia 2014.

Umpan silang sempurna yang dilesatkan Ever Banega dapat dikuasai Messi dengan pahanya, dia melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Si kulit bulat bersarang di sisi kanan gawang Nigeria kemudian menaklukkan kiper muda Nigeria Francis Uzuho untuk membuka keunggulan.

Menit ke-34, Messi nyaris menggandakan keunggulan lewat tendangan bebas setelah Angel Di Maria dilanggar dekat kotak penalti saat menerima umpan manja Banega. Sayang, bola sepakan Messi ke sisi kiri gawang Nigeria bisa ditepis Francis Uzoho sehingga skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Itu adalah babak pertama yang impresif dari kubu Argentina, namun situasi menjadi berbalik setelah turun minum.

Pada paruh kedua, Nigeria berusaha keluar dari tekanan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-51 setelah mendapat penalti akibat pelanggaran Javier Mascherano terhadap Leon Balogun saat terjadi tendangan pojok. Ketika pemain Nigeria itu terjatuh, wasit asal Turki Cuneyt Cakir menghadiahkan penalti. Moses dengan sempurna mengeksekusi hukuman itu dan sukses menaklukkan Franco Armani untuk menyamakan kedudukan.

Situasi yang membuat mereka bakal gagal ke babak selanjutnya membuat Argentina kembali bermain ofensif. Sergio Aguero pun dimasukkan untuk meningkatkan intensitas serangan.

Usaha Albiceleste membuahkan hasil pada menit ke-86. Rojo melakukan voli ketika menerima umpan silang Gabriel Mercado dari sayap kanan, membuat Argentina memimpin 2-1 yang bertahan hingga laga usai.

Nigeria menyia-nyiakan sejumlah peluang untuk menambahi gol kedua dan mengamankan tempat mereka di 16 besar sebelum bek tengah Manchester United Rojo membuat Argentina tetap berkiprah di turnamen ini, dan menyingkirkan Nigeria.

Argentina akan berhadapan dengan Prancis di putaran selanjutnya, sedangkan Kroasia ditantang Denmark.

Susunan pemain:

Nigeria: Francis Uzoho; Kenneth Omeruo (Alex Iwobi (90′)), William Troost-Ekong, Leon Balogun; Brian Idowu, Oghenekaro Etebo, John Obi Mikel, Wilfred Ndidi, Victor Moses; Ahmed Musa (Simy (90′)), Kelechi Iheanacho (Odion Ighalo (46′)).

Pelatih: Gernot Rohr

Argentina: Franco Armani; Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico (Sergio Aguero (80)); Enzo Perez (Cristian Pavon (61′)) , Javier Mascherano, Ever Banega, Angel Di Maria (Maximiliano Meza (72′)), Lionel Messi; Gonzalo Higuain.

Pelatih: Jorge Sampaoli

Wasit: Antonio Miguel Mateu Lahoz