Guna Terlaksananya Penanganan Korban Dengan Tepat dan Cepat, Dinkes Siapkan Posko PSC 119

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Timur menyiapkan posko Publik Safety Center (PSC) 119. Posko PSC 119 merupakan pos pelayanan gawat darurat yang siap mengunjungi dan menjemput pasien yang membutuhkan pertolongan serta langsung bisa menangani pasien dilokasi sesuai dengan kondisi pasien. Tujuan dari pos pelayanan gawat darurat terpadu agar terlaksananya penanganan korban dengan cepat dan tepat serta terlaksana nya evakuasi korban ke fasilitas kesehatan terdekat.

Posko PSC 119 yang berlokasi di Tebatsari Kecamatan Martapura ini juga untuk mendukung Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), agar bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan medis dalam hal kegawatdaruratan, serta siap membantu masyarakat selama 24 jam untuk pelayanan kegawatdaruratan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) OKU Timur Dr Hj Erly Yani MM Kes, saat diwawancarai mengatakan, posko PSC 119 telah disiapkan pula mobil ambulance yang dapat dioperasikan serta sudah dilengkapi dengan berbagai peratalan. Seperti Monitor Tensi, DC Shock Jantung, Tabung Oksigen, Tandu dan Long Spedboat, Tas Kit Emergenci yang dilengkapi oksigen. Mobil ambulance yang disiapkan juga dilengkapi tabung gas dan dua tabung oksigen tambahan yang tentu sangat membantu untuk penanganan pasien.

“Posko PSC 119 ini merupakan posko pelayanan untuk membantu masyarakat dalam menangani keadaan gawat darurat seperti kecelakaan dan serangan jantung. Jadi jika ada masyarakat yang memerlukan bantuan bisa langsung menghubungi nomor telepon call center 119 atau ke nomor 0812 1100 1119 dan petugas posko beserta ambulance langsung siap mengunjungi lokasi dan menjemput pasien. Bahkan, petugas posko juga siap mengantarkan pasien ke RSUD secara gratis,” kata Dr Erly saat peresmian PSC 119, Kamis (5/7/2018).

Lalu lanjut Erly, pembuatan posko PSC 119 merupakan proyek perubahan Diklat Kepemimpinan TK II angkatan VII tahun 2018 tentang integrasi layanan kegawatdaruratan terpadu dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, posko PSC 119 ini juga kedepan akan dikembangkan di dua titik lagi yaitu di wilayah Belitang dan wilayah Jalur Komering. Selain itu, untuk memudahkan petugas mengecek lokasi masyarakat yang membutuhkan bantuan, pihaknya juga akan memasang GPS agar bisa melacak keberadaan masyarakat yang menelpon dan membutuhkan pertolongan.

“Semoga dengan dibentuknya posko PSC 119 ini, Dinas Kesehatan OKU Timur bisa terus meningkatkan pelayanan kesehatan serta dapat memberikan bantuan segera kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi SSos MSi dalam arahannya mengatakan, penanganan pra rumah sakit untuk pelayanan cepat dan tepat sangat dibutuhkan masyarakat. Terlebih jika terjadi kondisi gawat darurat seperti kecelakaan lalulintas atas serangan penyakit secara mendadak seperti jantungan.

“Layanan gawat darurat dari PSC 119 ini akan memberikan pertolongan pertama terhadap pasien dan melakukan evakuasi korban secara tepat serta mengantisipasi hal buruk yang terjadi,” kata Kholid.