SI AKAS Permudah Warga Miliki Dokumen Kependudukan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dukcapil) OKU Timur memperkenalkan aplikasi baru berupa website Sistim Informasi Akta Kelahiran dan Akta Sipil (SI AKAS). Dengan aplikasi ini diharapkan pelayanan ke masyarakat dapat lebih cepat dilakukan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil OKU Timur Sutikman SPD MM saat launching aplikasi SI AKAS di posko PSC 119 Martapura, pada Kamis (5/7/2018).

Menurut Sutikman, aplikasi ini untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. sebelum dilaunching pihaknya telah melakukan sosialisasi termasuk ke komponen yang ada di rumah sakit agar dapat lebih memahami cara kerja SI AKAS. Selain sosialisasi terhadap seluruh OPD juga akan dilakukan kepada masyarakat. Karena selama ini masyarakat masih sering terlambat mengirimkan data kependudukan baik kelahiran maupun kematian.

“Sehingga membuat terjadinya keterlambatan pendataan. Harapan kita tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki dokumen kependudukan salah satunya akte kelahiran. Bahkan sesaat sesudah kelahiran pun bisa langsung dibuatkan akte kelahiran,” kata Sutikman.

Lalu lanjut Sutikman, diambilnya sebutan SI AKAS ini akan gampang diingat dan diakses oleh masyarakat. Salah satu gambaran laporan kematian tidak sesuai dengan keadaan di lapangan, dengan adanya sistim ini bisa diminimalisir. Sehingga, program ini banyak memotong birokrasi sehingga pelayanan akan lebih cepat dan maksimal.

Sementara itu, Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, dirinya sangat menyambut baik adanya aplikasi SI AKAS tersebut. Karena aplikasi tersebut sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan.

“Dengan aplikasi SI AKAS, jika ada kelahiran baik lahir di Rumah Sakit maupun lahir di bidan bisa langsung dilaporkan dan secara otomatis langsung dimasukkan dalam KK serta mendapatkan akte kelahiran,” pungkasnya.