Rapat Paripurna Berlangsung Panas, Ini Penyebabnya…

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR -Suasana rapat paripurna kedua masa persidangan kedua berjalan gelap dan panas. Selain gelap situasi menjadi panas membuat anggota dewan terpaksa menggunakan kotak bungkus kue sebagai alat kipas untuk mendinginkan badan. Sehingga membuat kurang nyamannya dan terganggunya rapat paripurna. Suasana tersebut terjadi karena dampak dari meteran listrik yang ada di ruang rapat paripurna rusak sehingga listrik padam.

Rapat tersebut membahas dan meneliti peraturan daerah (Perda) tentang raperda perubahan atas perda no 2 tahun 2016 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten OKU Timur tahun 2016 – 2021. Rapat dipimpin Ketua DPRD OKU Timur Beni Defitson SIP MM, dilaksanakan di aula Sidang DPRD OKU Timur, pada Senin (9/7/2018)

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi, perubahan Perda No 2 tahun 2016 tentang RPJMD 2016-2021, dilakukan untuk penyesuaian karena adanya perubahan struktur organisasi. Dalam RPJMD masih mengacu pada perangkat daerah yang lama.

“Sistimasitika RPJMD OKU Timur mengalami perubahan, RPJMD merupakan penjabaran visi dan misi Pemkab OKU Timur. Sedangkan tujuan RPJMD 2016-2021 sebagai wadah penjabaran rencana pembangunan dan rencana keraja SKPD yang menggunakan anggaran yang berasal dari APBD kabupaten, provinsi dan APBN,” katanya.

Dalam kurun waktu lima tahun, lanjut Bupati, banyak tantangan yang dihadapi, diantaranya infrstruktur, kemiskinan, pelayanan publik. Visi OKU Timur lebih baik  dalam rangka mengimplementasikan rencana pembangunan dan arah kebijakan. Sedangkan program prioritas diarahkan pada program pembangunan infrastruktur, keamanan, pelayanan publik, pembangunan pertanian berkelanjutan.

“Misi untuk mewujudkan OKU Timur nyaman dengan pelayanan publik, mewujudkan SDM yang profesional, berakhlak dan bermoral. Meningkatkan pendidikan, kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD OKU Timur Beni Defitson SIP MM pembahasan selanjutnya di tingkat fraksi-fraksi. Dengan agenda pemandangan fraksi-fraksi. “Untuk itu rapat diskor dan akan dilakukan rapat pada Selasa 10 Juli 2018,” ungkapnya.