Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa Baru Diantar Wali Murid

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Hari pertama masuk sekolah anak-anak terlihat riuh dan gaduh karena anak-anak baru pertama masuk sekolah. Sejumlah wali murid di beberapa sekolah baik SD maupun SMP di Kabupaten OKU Timur terutama anak SD yang baru masuk, mengantarkan langsung anaknya ke dalam kelas untuk memastikan lokasi belajar anaknya dan menemui wali kelasnya.

Meskipun orangtua masing-masing siswa mendampingi anaknya, namun terlihat para siswa berlarian dan saling berkenalan dengan rekan yang lain. Kemudian, setelah memastikan lokasi tempat duduk anak-anak baru, orangtua siswa kemudian menunggu diluar. Dan melihat proses belajar mengajar di kelas yang sudah diambil alih oleh guru kelas masing-masing.

“Pihak sekolah memperbolehkan orangtua untuk masuk ke lingkungan sekolah untuk siswa yang baru masuk. Namun hanya beberapa hari saja hingga siswa baru betah,” kata Ani (27) wali murid asal Bukit Napuh yang mengantar anaknya ke salah satu sekolah dasar di Martapura Senin (16/7/2018).

Lalu setelah para siswa betah kata Ani, maka orangtua siswa tidak diperbolehkan lagi untuk masuk ke lingkungan sekolah dan hanya diperbolehkan menunggu diluar sekolah baik saat mengantar, menunggu hingga menjemput.

“Biasanya satu minggu saja orangtua diperbolehkan masuk ke sekolah dan melihat proses belajar mengajar,” pungkasnya.

Sedangkan Nuraini wali murid lainnya mengatakan, pada hari pertama masuk sekolah wali murid diperkenankan untuk masuk kelas untuk membuat para siswa nyaman. Namun biasanya hanya hari pertama saja. Setelah itu wali murid tidak diperkenankan masuk kelas dan hanya diperbolehkan melihat dari luar kelas.

“Setelah beberapa hari berjalan, dan siswa sudah merasa nyaman serta sudah memiliki teman untuk bermain, maka sekolah akan memberikan larangan terhadap wali murid untuk masuk lingkungan sekolah,” ujarnya.