MPLS Media Adaptasi Siswa Baru

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk membantu siswa dalam beradaptasi di lingkungan sekolah yang baru SMK Kesehatan Bina Marta Martapura melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik yang baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga mulai 16 sampai 18 Juli 2018 di lingkungan SMK Kesehatan Bina Marta Martapura, cidawang, Kecamatan Martapura.

Menurut Kepala Sekolah SMK Kesehatan Bina Marta Martapura Bonirin SHi, melalui Adi susanto, S.Pd selaku Pembina OSIS saat diwawancarai mengatakan, selain pengenalan lingkungan sekolah pihaknya juga melakukan pengenalan mata pelajaran kejujuran farmasi dan keperawatan serta pengenalan tata tertib sekolah.

“Kegiatan ini merupakan media untuk beradaptasi bagi peserta didik baru. Dan juga pengembangan minat dan bakat dalam menumbuhkan bakat dan prestasi yang ada pada siswa baru,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, sesuai dengan namanya dalam hal ini SMK Kesehatan Bina Marta juga menumbuhkan nilai-nilai keagamaan serta ketakwaan kepada tuhan yang maha esa. Lalu peserta didik baru ini bukan hanya berasal dari OKU Timur saja melainkan dari luar daerah juga, sehingga perlu adanya adaptasi dilingkungan sekolah maupun sesama siswa baru.

“Karena siswa baru yang ada di SMK Kesehatan Bina Marta ini bukan hanya berasal dari masyarakat OKU Timur saja, melainkan juga berasal dari luar daerah yang memiliki ada dan tradisi yang berbeda – beda,” lanjutnya.

Kemudian, kegiatan hari pertama MPLS diawali dengan apel dan imtaq serta halal bihalal. Dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan sekolah, pembagian kelompok MPLS, games dan sholat dzuhur bersama. Sedangkan untuk kegiatan pada hari kedua diisi dengan perkenalan kepada perangkat osis, pengenalan peraturan dan ketertiban sekolah.

“Untuk hari ketiga, ada kegiatan pengenalan kurikulum sekolah serta pengembangan minat dan bakat dan diakhir kegiatan diisi dengan games membalikan taplak meja,” pungkasnya.