Sempat Kejar-kejaran, Pelaku Curas Tewas Didor

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Aksi pencurian dengan kekerasan (Curas) kepergok polisi sehingga membuat pelaku Panji alias Pan Kurap, berusaha kabur dari kejaran warga dan polisi. Akan tetapi aksi kejar-kejaran berakhir setelah dihantam timah panas anggota SW Polres OKU Timur yang berusaha menghadang pelaku yang berusaha kabur dan melakukan perlawan.

Menurut Kapolres OKU Timur AKBP Erli Tangjaya, SH, SIK saat dikonfirmasi mengatakan, pelaku Panji merupakan salah satu warga Desa Muncak Kabau, Dusun Gunung Sari, Kecamatan BP Bangsaraja OKU Timur. Sebelum ditembak mati, pelaku terlebih dahulu melancarkan aksi Curas terhadap korban Darwis (27) warga Desa Bangsa Negara, Kecamatan Belitang Madang Raya pada Sabtu (21/7/2018) sekira pukul 09.00 WIB.

“Ketika itu korban Darwis sedang melintas di jalan umum Desa Bangsa Negara mengunakan sepeda motor beat warna putih berpapasan dengan dua orang pelaku berboncengan menggunakan sepada motor absolute revo. Kemudian pelaku menodongkan senjata api rakitan kepada korban,” katanya, Sabtu (21/7/2018).

Kemudian kata Kapolres, tidak berapa lama melintas anggota Babinkamtibmas, Bripda Marlionson yang sedang melaksanakan patroli, melihat kejadian tersebut selanjutnya anggota tersebut mengejar pelaku, pada saat pengejaran pelaku menembakan senjata api rakitan (senpira) kearah Bripda Marlionson dengan jarak 20 meter sebanyak satu kali dan saat itu juga pelaku terjatuh dari sepeda motor yang dibegal.

“Kemudian Bripda Marlionson menghubungi Kapolsek Madang Suku I, AKP Isa Ansori dan Anggota Opsnal untuk mencari pelaku,” terangnya.

Lalu setelah petugas melakukan pencarian, pelaku akhirnya terkepung oleh anggota, selanjutnya petugas sempat memberikan tiga kali tembakan peringatan. Namun pelaku bukan menyerahkan diri tapi malah melakukan perlawanan degan menembak Anggota.

“Karena mengancam keselamatan jiwa anggota, tepaksa polisi mengambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak pelaku dan peluru tepat bersarang di leher sebelah kanan tembus ke belakang. Anggota kita melakukan tindakan tegas dan terukur, karena pelaku melawan dengan menembak ke arah anggota kita,” ungkapnya.

Selain berhasil menembak mati pelaku polisi juga berhasil menyita Barang Bukti (BB) satu buah Senpira jenis revolver warna silver jenis S&W lima Butir amunisi dua butir selongsong dan tiga butir masih aktif, kunci liter T. Untuk kepentingan visum pelaku lalu dibawa ke RSUD Belitang.