Tari Kolosal Pesona Negeri Para Puyang Akan Meriahkan Festival Jerami Sebiduk Sehaluan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk memeriahkan Festival Jerami Sebiduk Sehaluan (FJSS) yang akan dilaksanakan pada 5 hingga 11 Agustus 2018 mendatang, ratusan pelajar yang berasal dari gabungan sekolah SMA dan SMP Negeri di Kabupaten OKU Timur dibawah binaan kelompok guru seni OKU Timur mengikuti latihan gabungan (Latgab) tari kolosal pesona negeri para puyang yang dipusatkan di halaman Pemkab OKU Timur, Selasa (24/7/2018).

Menurut Doni Angga Saputra, S.Sn salah satu guru seni, saat diwawancarai mengatakan, tujuan dilakukan latgab tari ini untuk menyakaman selaras gerakan tari kepada semua pelajar agar sesuai dengan konsep. Dimana sebelumnya pelajar-pelajar ini melakukan latihan disekolah masing-masing yang dipandu oleh guru seni sekolah.

“Alhamdulillah, meskipun cuaca sangat terik namun terlihat semangat pelajar dan guru seni yang memandu latihan sangat tinggi. Sebelumnya, pelajar-pelajar ini melakukan latihan disekolah masing-masing dan ini baru kali pertama kita latihan gabungan namun hasilnya sudah cukup baik,” jelasnya.

Tari kolosal pesona negeri para puyang, lanjutnya, akan ditampilkan ini diangkat berdasarkan potensi daerah yang menitikberatkan pada tema sektor pertanian yang dikolaborasikan dengan kebudayaan serta peninggalan para leluhur di OKU Timur. Selanjutnya mengenai gerakanya konsep tapi kolosal ini juga dikolaborasaikan dengan gerakan tari modern.

“Saat ini ada tujuh sekolah yang siswa-siswinya sudah terlibat diantaranya siswa-siswi SMAN 1 Martapura, SMAN 2 Martapura, SMAN 3 Martapura, dan SMK Kesehatan Bina Marta, ditambah siswa-siswi SMPN 1 Martapura, SMPN 4 Martapura dan SMPN 1 Bunga Mayang. Kita berharap, semoga penampilan tari kolosal ini nantinya dapat mencatat sejarah baru dalam ajang seni kreasi pelajar, dimana setiap event di Kabupaten OKU Timur belum ada yang menampilkan tarian yang melibatkan ratusan orang,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Drs M Ali menambahkan, dirinya sangat mendukung penuh dan mengapresiasi dengan terlibatnya pelajar dalam event Festival Jerami Sebiduk Sehaluan. Bahkan, dirinya juga sudah melakukan rapat bersama jajaran dan menghimbau agar Koordinator Wilayah (Korwil) Disdikbud bersama semua Kepala Sekolah dapat menampilkan karya-karya seni siswa dan siswi dalam pembukaan dan penutupan kegiatan FJSS.

“ Karena saat ini bidang kebudayaan sudah ada di Disdikbud maka kita akan menampilkan karya seni dan budaya yang ada disekolah-sekolah sehingga semua pelajar dapat mengetahui dan terlibat secara langsung dalam menampilkan seni dan budaya yang ada di OKU Timur. Jika ada kepala sekolah yang tidak mendukung dan mempasilitasi siswa untuk mengikuti tari kolosal, maka siap-siap kepala sekolah yang akan kita suruh untuk menari,” tegas Ali.

Di tempat yang berbeda, Mira salah satu pelajar yang ikuti menari menjelaskan, dirinya sangat senang sudah terlibat dalam event festival jerami, walaupun ini baru pertama diadakan di OKU Timur.

“Saya tidak keberatan untuk sering latihan seperti ini, sekalipun harus latihan di bawah terik matahari demi mensukseskan kegiatan festival. Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses, dan bisa menjadi agenda tahunan,” harapannya.