Lomba Stand Up Comedy Pecahkan Suasana FJSS 2018

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Suasana Festival Jerami Sebiduk Sehaluan (FJSS) seketika berubah penuh canda tawa saat ajang Lomba Stand Up Comedy digelar. Sebanyak 30 pelajar perwakilan dari SMA di OKU Timur harus mengambil perhatian penonton dan dewan juri dengan cara unjuk kelucuan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan FJSS digelar oleh panitia festival yang bekerjasama dengan Forum Anak OKU Timur dan difasilitasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) OKU Timur.

Menurut Edward Ferdinant SH selaku Ketua Umum FJSS mengatakan, panitia sengaja mengisi berbagai acara dan kegiatan setiap harinya untuk memberikan hiburan kepada pengunjung, agar pengunjung tidak hanya bisa menikmati patung-patung jerami yang ditampilkan peserta. Namun juga bisa menikmati tampilan berbagai seni diantaranya, Stand Up Comedy dan penampilan seni budaya lokal lainnya.

“Meskipun masih banyak kekurangan karena ini event pertama, namun kita berusaha menyuguhkan kegiatan dengan seapik mungkin. Semoga pengunjung terhibur dengan adanya kegiatan stand up ini,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas PPPA OKU Timur Dra Hj Yuniati, MM menambahkan, selain untuk menghibur para pengunjung yang datang, lomba stand Up Comedy ini digelar untuk mempasilitasi dan menyalurkan bakat pelajar di bidang komedian. Dimana, semua peserta di tantang untuk menampilkan kreasinya dengan tema yang bebas, namun tetap mengacu pada hal yang positif.

“Kita berharap dengan lomba Stand Up Comedy ini bisa memberikan wadah untuk pelajar dalam menyalurkan bakat dan keterampilan sesuai dengan karakter anak masing-masing. Dimana, melalui kegiatan forum anak yang kita fasilitasi ini bisa melahirkan anak-anak pelajar di OKU Timur yang kreatif dan berdaya saing,” harapnya.

Dikatakan, untuk dewan juri pihaknya menyiapkan tiga dewan juri diantaranya Tri Mulyono, S.Pd dari Disporapar OKU Timur, Amelius guru kesenian dari SMPN 2 Martapura dan Drs Jono, M.Pd guru dari SMPN 1 Buay Madang.

“Dari sebanyak peserta yang hadir, jumlah pemenang akan diambil sebanyak 6 orang, diantaranya juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2 dan 3. Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa bingkisan dan hadiah menarik,” jelasnya.

Di tempat terpisah, salah satu dewan juri lomba Stand Up Comedy Tri Mulyono mengatakan, untuk kriteria penilaian ada lima poin nilai yang diambil diantaranya, Orisinalitas ide, Bobot Materi, Cara penyampaian, Tawa per meteri dan Gestur, Mimik dan ekspresi. Setiap perseta diberi waktu durasi 5 menit untuk melakukan Stand Up Comedy.

“Hasil dari penilaian tiga dewan juri berdasarkan kriteria penialan, untuk juara pertama berhasil diraih peserta nomor urut 09 atas nama Ade Tri Perdana siswa SMAN 2 Martapura dengan poin nilai 95, juara kedua berhasil diraih peserta nomor urut 06 atas nama Ilham Sazili siswa SMAN 2 Martapura dengan poin 90 dan juara ketiga berhasil diraih peserta nomor urut 05 atas nama M Junaidi, siswa SMAN 2 Martapura dengan poin 85,” pungkasnya.

Selanjutnya, untuk juara harapan satu berhasil diraih peserta nomor urut 21 atas nama Veri Wijayanto siswa SMAN 1 Belitang III dengan poin 83, juara harapan dua berhasil diraih nomor urut 01 atas nama Hanif Galih siswa SMAN 3 Martapura dengan poin 82 dan juara harapan tiga berhasil diraih peserta nomor urut 26 atas nama Septiya Novita Sari siswa SMAN 1 Belitang dengan poin 80.