Hingga Agustus 2018, Perekaman e-KTP Telah Mencapai 95 Persen

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Jumlah masyarakat OKU Timur yang sudah melakukan perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) hingga Agustus 2018 sudah mencapai 95 persen perekaman. Sedangkan sisa warga yang belum melakukan perekaman tersisa lima persen. Lima persen sisa warga yang belum melakukan perekaman tidak termasuk yang baru masuk umur pembutan e-KTP, perubahan status dan lainnya.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Ctatan Sipil OKU Timur Sutikman, saat dikonfirmasi Kamis (9/8/2018) mengatakan, untuk masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan belum menerima e-KTP bisa datang ke Kantor Disdukcapil untuk melakukan pengecekan apakah sudah dicetak atau belum. Karena, lama atau cepatnya e-KTP dicetak tergantung jaringan dan proses pemindahan sidik jari.

“Kalau jaringan bagus pencetakan tidak sampai satu minggu. Namun jika jaringan terganggu, pencetakan bisa lebih dari satu minggu,” katanya.

Lalu lanjut kata dia, jika sudah ada e-KTP yang selesai dan belum diambil oleh yang bersangkutan, maka pihaknya akan mengirimkan ke kantor kecamatan domisili yang bersangkutan. Sementara, untuk proses pencetakan yang bersangkutan harus datang langsung dan tidak bisa diwakilkan karena harus direkam terlebih dahulu.

“Namun jika ada warga yang e-KTP nya rusak atau akan diganti status, tidak mengalami kesulitan. Yang bersangkutan cukup membawa KTP yang rusak atau yang mau diganti status untuk kemudian diganti yang baru,” pungkasnya.

Sedangkan jika ada yang kehilangan e-KTP kata dia, cukup dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan surat kehilangan dari pihak kepolisian.