Tahun 2019 OKU Timur Akan Pasang 1000 Unit Lampu Jalan

Foto : ilustrasi

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Pada tahun 2019 nanti Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Timur berencana untuk memasang 1.000 titik lampu jalan di seluruh Kabupaten OKU Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Syafindar pada Senin (13/8/2018).

Menurut Syafindar, untuk tahun 2018 OKU Timur hanya melakukan pemeliharaan untuk lampu jalan yang ada. Namun setelah mendapat hibah dari pemerintah DKI Jakarta sebanyak 1.000 unit lampu jalan, rencananya akan dipasangkan pada 2019 mendatang.

“Namun itu juga belum bisa dipastikan karena lampu jalan hibah yang ada baru berupa kepala lampu saja dan belum lengkap seperti tiang, kabel dan travo. Untuk itu tahun ini kita mengajukan kepada pemerintah untuk biaya tambahan pembelian kebutuhan kelengkapan lampu jalan tersebut,” jelasnya.

Dikatakan Syafindar, untuk lokasi pemasangan belum ditentukan karena pihaknya akan melakukan survey terlebih dahulu lokasi yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, jumlah pemasangan per desa juga tidak bisa ditentukan karena harus sesuai kebutuhan.

“Seperti di OKU Timur ada 20 kecamatan dan 300 lebih desa. Jadi akan dibagi berapa kebutuhan per desa sehingga tidak ada kecemburuan,” terangnya.

Lalu lanjutnya, lampu jalan yang dihibahkan baru berupa kepala lampu dan belum bisa digunakan. Selain itu, pihaknya juga belum melakukan pengecekan kelayakannya apakah masih bisa dipakai atau ada yang harus diganti.

“Akan tetapi lampu itu hanya sebesar 70 watt dan tidak masuk kategori untuk dipasang pada jalan Nasional dan jalan Kabupaten. Lampu-lampu jalan itu akan dipasang di Desa-desa untuk penerangan Desa karena 70 watt itu memang peruntukannya untuk jalan desa,” tutupnya.