Gerakan Pramuka Merupakan Garda Terdepan Perekat Persatuan Bangsa

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Gerakan Pramuka merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Serta, pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Dharma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku. Hal ini disampaikan langsung oleh Kamabicab OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun PRAMUKA (Praja Muda Krana) yang Ke – 57 Tahun 2018 di halaman Pemkab OKU Timur pada Selasa (14/8/2018).

Kemudian, Gerakan Pramuka telah mencapai usia 57 tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar.

“Pramuka perekat NKRI dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin amanah, hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI,” tegas Kholid saat membacakan pidato Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka DR. Adhyaksa Dault SH MSi.

Lalu lanjutnya, gerakan Pramuka berkomitmen untuk meningkatkan kualitas manusia dengan membekali pendidikan karakter, serta kompetensi iptek berbasis kecakapan yang kelak menjadi bekal hidup (lifeskill) kaum muda Indonesia. Peranan Satuan Karya Pramuka (Saka) perlu ditingkatkan untuk menciptakan peluang kerja yang berbasis pada kecakapan – kecakapan khusus dalam setiap kridanya.

“Gerakan Pramuka harus dapat memberikan nilai tambah bagi anggotanya dan hal inilah yang perlu dikaji dan dikembangkan terus menerus oleh pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat) dan pusat penelitian dan pengembangan kepramukaan (puslitbang) yang bekerjasama dengan berbagai stakeholder,” pungkasnya.