Penen Padi di OKU Timur Masih Berlangsung, Stok Gabah Tercukupi

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Masa panen padi di wilayah OKU Timur sepertinya tidak pernah usai karena panen padi masih tetap berlangsung. Kondisi ini dimungkinkan karena sebagian besar sawah di OKU Timur merupakan sawah irigasi. Saat ini beberapa daerah di OKU Timur mulai melakukan panen. Untuk bulan Agustus ini akan panen raya padi dengan luas mencapai 30.000 hektar.

“Panen ini akan menghasilkan kurang lebih gabah sebanyak 240.000 ton. Tentunya ini akan mencukupi stok di Kabupaten OKU Timur kedepan,” kata Kepala Dinas Pertanian Ruzuan Efendi, saat dikonfirmasi oleh wartawan, Rabu (15/8/2018).

Lalu lanjut, Ruzuan menjelaskan, di musim panen ini produksi terus meningkat. Bahkan, kata dia, hasilnya sudah mulai terlihat di Pasar Martapura dan sekitarnya. Di pasar tersebut kiriman beras dari daerah telah meningkat.

“Produksi ini sudah mengalir masuk ke pasar. Kami cek masuk sudah ribuan ton per hari. Ini menunjukan tanda-tanda produksi,” jelas Rizuan.

Ditambahkanya, dalam minggu ini saja mulai melakukan panen didaerah Belitang padi di lahan seluas ratusan hektar dengan rata-rata produksi 8 ton per hektar.

“Apalagi saat ini harga gabah lagi mahal,jadi petani semangat memanen sawahnya, mereka banyak juga menjual gabah,” tambahnya.