Tingkatkan Rasa Nasionalisme, Ini Cara Yang Dilakukan Muda-mudi Tekom…

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 muda-mudi Tepian Komering (Tekom) Desa Tanjung Kemala menggelar berbagai macam lomba tradisional. Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan rasa nasionalisme kepada pemuda pemudi khususnya di daerah Tekom dan OKU Timur pada umumnya serta untuk menumbuhkan kembali permainan tradisional. Kegiatan yang dimulai dari tanggal 10 – 17 Agustus 2018 dilaksanakan di lapangan Tekom Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Martapura.

Menurut ketua muda-mudi Tekom Sarnubi saat diwawancarai awak media, pada Kamis (16/8/2018) mengatakan, perlombaan yang digelar untuk menyemarakan 17 Agustusan adalah lomba-lomba permainan rakyat atau permainan tradisional seperti lomba balap karung, lomba kelereng, lomba makan kerupuk, gebuk bantal, kuis dangdut dan banyak lagi lainnya. Rangkaian acara perlombaan ini banyak warga antusias untuk mengikuti permainan tradisional, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

“Melalui peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini, menjadi momentum bagus untuk membangkitkan dan memasya­ra­katkan lagi permainan dan olahraga tradisional. Maka kami mengadakan lomba tradisional dan lomba hiburan ini,” katanya.

Dikatakan Sarnubi, seusai rangkaian perlombaan ini akan diadakan malam puncak yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2018 nanti. Pada malam pucak nanti, akan dilakukan pembagian hadiah pemenang dari mata lomba masing-masing.

“Selain pembagian hadiah saat malam puncak nanti kami akan melakukan drama kolosal. Ide drama terinspirasi dari kisah perjuangan rakyat Kerawang dan Bekasi,” pungkasnya.

Lalu dirinya juga berharap, agar perserta yang turut serta bukan hanya sekedar mengikuti lomba, akan tetapi dapat memahami makna yang terkandung dalam lomba ini.

“Perlombaan yang digelar setiap tahunnya ini memiliki filosofi dan sejarah yang terkandung di dalamnya. Saya berharap para peserta dapat memahami makna di setiap perlombaan yang ada,” harapnya.

Kemudian Sarnubi juga menambahkan, pendanaan kegiatan ini dikumpulkan dari berbagai kalangan mulai dari Kades Tanjung Kemala, Perangkat Desa, perusahaan serta sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat yang turut membantu.

“Pendanaan untuk kegiatan ini dilakukan secara swadaya yang dikumpulkan oleh muda-mudi Tekom. Lalu, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu untuk menyukseskan kegiatan ini,” tambahnya.