Lomba Bidar, Salah Satu Upaya Pelestarian Budaya

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Ratusan masyarakat Martapura memadati tepian sungai komering untuk menyaksikan lomba biduk Tradisional (Bidar). Lomba tersebut digelar setiap tahun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 73. Kegiatan lomba tersebut dibuka oleh Wakil Bupati OKUT Fery Antoni SE, Sabtu (18/8/2018).

Terlihat kerumunan manusia yang hadir sangat antusias menyaksikan lomba biduk yang sangat menghibur ini, betapa tidak, peserta lomba yang dengan kuat tenaga mendayung perahunya untuk sampai di akhir finis namun ada yang tiba-tiba tenggelam karena air yang masuk ke dalam perahu, sehingga mengundang gelak tawa masyarakat yang menonton

Lomba biduk yang digelar setiap tahun ini diikuti oleh 36 Tim peserta biduk, masing-masing dari berbagai lapisan elemen baik dari instansi pemerintah, organisasi masyarakat dan BUMN / BUMD se OKU Timur, bahkan dari masyarakat sekitar tepian komering ikut serta juga dalam meramaikan serta memeriahkan HUT RI ini.

“Lomba bidar ini selalu kita giatkan setiap tahunnya guna untuk melestarikan adat dan budaya komering, melestarikan dan meningkatkan kepariwisataan OKU Timur adalah tugas kita, dan kepada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata untuk terus meningkatkan kepariwisataan yang ada di OKU Timur,” kata Wakil Bupati OKUT dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Wakimin Spd MM melalui Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata Tony Kurniawan SS MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini setiap tahunnya diadakan guna untuk menunjang kelestarian seni dan budaya serta potensi kepariwisataan yang ada di Kabupaten OKU Timur.

“Selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, maka Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Paruwisata Kab OKUT menyelenggarakan kegiatan ini,” katanya.

Sekedar informasi, lomba Biduk Tradisional (Bidar) dimenangkan oleh Anugerah keluar sebagai juara pertama dan disusul juara ke dua dari KKO Negeri Ratu dan juara tiga diraih oleh Ngadu Nasib.