Ratusan Pelajar Disuntik Vaksin MR

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dinas Kesehatan OKU Timur melalui Puskesmas Kota Baru melakukan pemberian vaksin Measles Rubella (MR) secara gratis kepada setiap siswa-siswi. Pemberian vaksin MR dilakukan pada ratusan pelajar dilingkungan SDN 19 Martapura.

Menurut, Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Dr Erly Yani, M.Mkes mengatakan, tujuan Pemkab OKU Timur melalui Dinas Kesehatan melakukan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) untuk menimalisir terjadinya kematian maupun KLB serta memutus transmisi penularan virus campak dimasyarakat khususnya, pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun. Karena virus ini menyerang semua kelompok umur yang tidak mempunyai kekebalan terhadap virus Rubella.

“Total sasaran yang kita kasih imunisasi anak mulai dari umur 9 bulan sampai 15 tahun sebanyak 181.708 orang se-Kabupaten OKU Timur. Bulan Agustus ini kita fokus akan melakukan imunisasi di sekolah-sekolah mulai dari PAUD, TK sampai dengan sekolah SMP,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SDN 19 Martapura Syuriati, S.Ag mengatakan, kegiatan pemberian vaksin dilakukan hanya kepada siswa-siswi yang bersedia saja untuk dilakukan suntik Vaksin MR baik dari kelas 1 hingga kelas VI. Sedangkan bagi siswa-siswi yang tidak mau pihak sekolah tidak memaksakan.

“Untuk siswa dan siswi yang bersedia dan dibolehkan orang tuanya kita berikan vaksin MR, sedangkan yang tidak bersedia tidak kita paksa karena kita pihak sekolah hanya memfasilitasi saja,” ujarnya.

Dikatakan, meskipun gratis namun ada juga siswa -siswi yang tidak mau diberikan vaksin MR, dengan alasan tidak diperbolehkan orang tua dan ada juga yang takut disuntik.

“Alahmdulilah kegiatan tetap berjalan dengan baik. Hampir semua siswa mau dilakukan vaksin MR. Ya kita berharap semoga dengan adanya kegiatan ini semoga anak-anak tetap sehat dan baik,” harapnya.