Jumlah DPT OKU Timur Naik Cukup Signifikan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019 tingkat Kabupaten OKU Timur. Rapat Pleno tersebut dilaksanakan setelah dilakukan Pleno Rekapitulasi Perbaikan Daftar Perbaikan DPSHP dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa dan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Rapat ini dilaksanakan di ruang rapat Bina Praja II Kantor Bupati OKU Timur pada Selasa (21/8/2018).

Menurut Ketua KPUD OKU Timur Rialdi, S.Sos didampingi Komisioner KPU Divisi Mata Pilih Yuliansah Mengatakan, sesuai jadwalnya hari ini KPU melakukan rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019. Tahapan ini menurut dia sudah sesuai aturan.

“Ini hari terakhir rekapan tingkat kabupaten untuk Perbaikan DPSHP dan Penetapan DPT. Hari ini juga langsung dilakukan sinkronisasi data di hadapan PPK,” ucapnya.

Lalu dirinya juga menambahkan, pada tahapan ini bukan akhir dari pendaftaran mata pilih masyarakat, masih ada 2 tahapan lagi. Dengan demikian rekan-rekan Parpol, elemen masyarakat lainnya juga masih dapat melaporkan jika ada warga yang belum masuk. Segera laporkan ke KPU PPK dan PPS akan segera di akomodir. Jumlah DPT Pemilu 2019 yang telah ditetapkan dari 312 Desa yang tersebar di 2.174 TPS berjumlah 4.674.38 DPT dengan rincian pemilih laki-laki 2.383.67 dan Perempuan 2.290.71 pemilih.

“Ada kenaikan jumlah DPT yang cukup signifikan dari DPT Pilgub kemarin. Dimana ada penambahan dari pemilih yang sebelumnya belum memiliki E-KTP, setelah masuk tahapan Pileg ini, mereka telah memiliki E-KTP, dan ditambah dari Pemilih pemula yang sudah masuk dalam usia memilih,” tambahnya.

Sementara itu, Kordiv Pencegahan dan Hubal Bawaslu OKU Timur Benny Tenagus mengungkapkan, Bawaslu akan terus memberikan saran dan masukan terhadap setiap tahapan, seperti DPT ini, Parpol tentu banyak akan menggunakan DPT sebab berkaitan dengan mata pilih mereka. Jika ada saran dan usulan dari Parpol itulh yang Bawaslu butuhkan.

“Bawaslu akan terus mengawasi setiap tahapan. Jika parpol setuju dalam Pleno ini, Bawaslu tentu juga setuju. Untuk di ketahui Bawaslu OKU Timur saat ini sudah menjadi 5 Komisioner dimana sebelumnya telah dilantik di Jakarta. Untuk itu Kita minta sinergi dan suport nya bersama dari rekan-rekan,” ucapnya.

Hadir dalam rapat Pleno ini Ketua KPUD OKU Timur Rialdi, S.Sos beserta Komisioner, Unsur dari TNI/Polri, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se OKU Timur, Bupati OKU Timur yang di wakili Asisten I Dwi Suprianto, Kordiv Pencegahan dan Hubal Bawaslu OKU Timur Benny Tenagus, Unsur Partai Politik, perwakilan dari Kejaksaan Negeri OKU Timur, Kadisdukcapil Sutikman.