Saluran Irigasi Hanya Untuk Pertanian

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Keberadaan Bendungan Saluran Irigasi Komering digunakan untuk mengaliri lahan petanian yang ada di Kabupaten OKU Timur. Hal ini bertujuan untuk mempermudah petani dalam mencari air ketika menggarap lahan persawahan. Tidak diperbolehklan ada warga yang memonopoli air irigasi demi kepentingan sendiri.

“Saluran irigasi dibuat memang untuk menyediakan air bagi para petani yang akan menggarap lahan, jadi tidak diperbolehkan bagi pihak tertentu atau pribadi memonopili air bukan menggarap lahan pertanian,” ujar Saipul salah satu Penjaga Pintu Air (PPA) di wilayah Belitang.

Mengingat penggunaan air lebih di utamankan bagi petani, selain itu bila terdapat pihak tertentu yang menggunakan air bukan untuk keperluan pertanian, hal tersebut  tidak diperbolehkan. Apalagi mengganggu kebutuhan air petani dalam menggarap lahan.

“Terkecuali bila petani sudah tidak lagi kekurangan air untuk mengaliri lahan persawahanya, baru diperbolehkan untuk keperluan yang lain, selama tidak menganggu petani yang membutuhkan air,” jelasnya.

Seperti oknum tertentu mengumpul air ke salah satu tempat yang bukan lahan pertanian. “Mengakibatkan sebagian petani tidak bisa menggarap lahan pertanian karena kekurangan air bila menggarap lahan yang diakibatkan adanya monopoli air,” tandasnya.