BPBD OKU Timur Pantau Potensi Bencana

Foto : ilustrasi

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur melakukan piket siaga selama 24 jam penuh. Piket siaga tersebut dilakukan untuk menangani dan melakukan pencegahan dini jika terjadi bencana di Kabupaten OKU Timur. Hal itu diungkapkan kepala BPBD OKU Timur Mgs Habibullah Sip MM saat dikonfirmasi Minggu (26/8/2018).

Menurut Habib, tim BPBD ada juga yang bekerja secara maksimal disetiap kecamatan melakukan pemantauan kondisi wilayah setiap harinya. Selain itu, pihaknya juga memiliki tim yang setiap saat terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan seluruh elemen untuk mencari informasi potensi-potensi bencana serta kemungkinan akan terjadi bencana baik kebakaran, banjir maupun tanah longsor.

“Jadi kita bisa melakukan pencegahan dini akan terjadinya korban jiwa dan pengamanan-pengamanan lainnya sehingga kondisi tetap aman dan kondusif,” kata Habib.

Habib mencontohkan salah satu upaya pencegahan dini yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan penjaga pintu air OKU Selatan dimana Hulu aliran Sungai Komering berada di wilayah OKU Selatan yang tentunya jika terjadi hujan deras di hulu sungai, masyarakat OKU Timur harus waspada kemungkinan luapan air yang dapat merendam baik pemukiman maupun perkebunan.

“Selama ini untuk air bah belum pernah terjadi hanya naiknya debit air sehingga merendam halaman rumah dan perkebunan. Mudah-mudahan selalu terkendali,” katanya.

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran lanjut dia, pihaknya selain berkoordinasi dengan perusahaan juga dengan pemerintah desa sehingga mengetahui kemungkinan dan potensi terjadinya karhutla dan bisa ditanggulangi sebelum terjadi.