Agar Pemilu 2019 Kondusif, Bawaslu Himbau Caleg dan Parpol

Foto : ilustrasi

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk seluruh calon anggota Legislatif maupun partai politik jangan melakukan kampanye dalam bentuk apapun sebelum waktu yang ditetapkan. Hal itu diungkapkan ketua Bawaslu melalui Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan antar Lembaga Benny Tenagus, Senin (27/8/2018).

Menurut Benny, menjelang Pemilihan Legislatif tahun 2019, pihaknya mengimbau kepada seluruh calon anggota legislatif maupun partai politik untuk tidak mencuri start kampanye. Hal ini disampaikan agar pemilu 2019 benar-benar kondusif dan tidak ada gejolak yang bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bagi calon anggota legislatif maupun partai politik yang melakukan pelanggaran dengan mencuri start kampanye akan dikenakan sanksi sesuai dengan UU pemilu tahun 2017 pasal 492 yang berbunyi setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU provinsi, KPU kabupaten/kota untuk setiap peserta pemilu sebagaimana dimaksud dalam pasal 276 ayat (2), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp 12 Juta,” katanya.

Selain itu, kata dia, saat ini masih dalam tahap Daftar Calon Sementara (DCS), Tanggapan Masyarakat, setelah itu akan ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 21-23 September 2018 mendatang.

“Masa kampanye dimulai sekitar 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang. Jadi saat ini tidak diperkenankan untuk melakukan kampanye. Untuk itu kita menekankan kepada seluruh calon anggota legislatif agar tidak mencuri start kampanye sebelum diperkenankan,” katanya.