Bantu Sesama, Wartawan – KNPI Lakukan Aksi Nyata

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Rita Nelia (34) Warga Desa Kota Baru Barat, Kecamatan Martapura hanya bisa pasrah dengan penyakit yang dideritanya. Saat mendengar kabar tersebut, aksi nyata kembali dilakukan sejumlah wartawan yang ada di OKU Timur bersama KNPI setempat. Setelah sebelumnya wartawan dan KNPI melakukan penggalangan dana untuk membantu Revalia (4) warga Desa Peracak yang mengalami kanker mata.

Ketika dikunjungi di kediamannya, Rita mengaku sudah tiga tahun terakhir dirinya menderita penyakit sumsum tulang belakang. Untuk biaya pengobatan cukup tinggi namun beban itu sedikit berkurang dengan adanya jaminan kesehatan dari pemerintah. Akan tetapi, karena di rumah sakit yang ada di Martapura masih kekurangan alat, dia terpaksa harus bolak-balik ke Palembang.

Saat Ketua DPD KNPI OKU Timur Fenus Antonius SE bersama wartawan menemui Rita Nelia Kamis (30/8/2018) ditemui di rumah orangtuanya, Rita mengungkapkan dia menderita penyakit tulang sum-sum belakang sejak tahun 2015. Tidak lama setelah suaminya Ahmad Ali meninggal dunia. Selama menderita sakit dia tidak bisa berbuat apa-apa bahkan untuk menyambung hidup, dua anaknya terpaksa berjualan pempek keliling. Selain itu untuk meringankan biaya hidup dia bersama keempat anaknya harus menumpang di rumah orang tuanya.

“Kami tidak pilihan lagi kami numpang samo wong tuo apolagi selain sakit tulang sum-sum belakang aku juga keno sakit jantung,” katanya.

Selain itu dia juga mengatakan, untuk bisa bertahan agar tetap bisa hidup memang harus rutin berobat. Jika tidak ada ongkos dan biaya untuk selama di Palembang terpaksa pengobatannya ditunda menunggu ada biaya. Karena itu dirinya sangat berterimakasih jika ada dermawan yang bisa membantu dirinya.

“Alhamdulilah untuk berobat ado Jamkesmas tapi yang berat ini biaya untuk ke Palembang, karno itu terimokasih nian ado bantuan ini,” ungkapnya lirih.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI OKU Timur Fenus Antonius SE mengaku, dirinya sangat bangga dengan gerakan wartawan di Bumi Sebiduk Sehaluan yang cepat tanggap melakukan penggalangan dana untuk penderita sakit tulang sum-sum.

“Kawan-kawan wartawan ini bukan hanya membuat berita tapi juga selalu bersedia melakukan kegiatan sosial dan kemanusian semoga gerakan yang dilakukan kawan-kawan wartawan ini ada manfaatnya. Memang banyak orang yang hidup berkecupan tapi sedikit yang memiliki rasa empati kepada sesama,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua PWI OKU Timur Edward Ferdinant SH menambahkan, gerakan yang dilakukan ini merupakan gerakan sosial demi membantu sesama. Wartawan yang bertugas di kabupaten yang lebih dikenal sebagai daerah lumbung pangan ini memang selalu siap melakukan gerakan sosial dengan cara menggalang dana dari berbagai sumber.

“Dana yang kita kumpulkan ini kita langsung serahkan kepada penderita yang memang butuh pertolongan,” tambahnya.