Hujan Deras Pasar Gumawang Banjir

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Curah hujan yang lebat membuat gedung baru Pasar Gumawang Belitang sering tergenang air kurang lebih setinggi lima cm. Genangan air tersebut diakibatkan bangunan lama lebih tinggidari bangunan baru. Kondisi ini jelas merugikan para pedagang, karena barang dagangan jadi basah dan pembeli berkurang.

Menurut Basuki salah satu pedagang di Pasar Gemawang, saat datang hujan para pedagang merasakan cemas, pasalnya akan mengakibatkan banjir. Lalu kata penjual pakaian ini, genangan air juga mendapat kiriman dari pasar lama serta kiriman dari puncak satu dan puncak dua Gumawang.

“Ditambah saat hujannya malam hari saya tidak bisa mengontrol dagangan saya yang berada di toko. Dan untuk mengantisipasi masuknya air kedalam toko saya buat pondasi setinggi sepuluh cm, supaya barang dagangan saya tidak basah dan air tidak dapat masuk,” ujarnya.

Senada diungkapkan Rina, yang juga memiliki keluhan yang sama. Dirinya berharap akan segera ada perbaikan dan dibuatkan siring drainase, agar air tidak mengenang didepan toko para pedagang.

“Walaupun hujan belum lama namun didepan toko sudah tergenang air, sehingga mengakibatkan kerugian dan pembeli pun menjadi berkurang karena becek. Saya berharap sekali kalau pemerintah terkait bisa mengatasi masalah disini, kasihan pedagang yang harus merugi dengan keadaan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan OKU Timur H Sri Inarsih S.Sos menyampaikan, pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan untuk perbaikan drainase Pasar Gumawang. Namun tentunya butuh proses karena untuk melakukan perbaikan dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

“Drainase sudah ada sekarang hanya perlu perbaikan dan sudah kita usulkan,” pungkasnya.